Home » Bekasi » Pengurus Katar Wibawa Mukti Desa Karangbaru Resmi Dilantik

Pengurus Katar Wibawa Mukti Desa Karangbaru Resmi Dilantik

BEKASI – Pengurus Karang Taruna Wibawa Mukti Desa Karangbaru, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, masa Bakti 2022-2025 resmi dilantik, Minggu (13/11/2022).

Pelantikan dihadiri Kepala Desa Karangbaru Komarudin Ambarawa, Perwakilan BPD Karangbaru Andi Lala, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cikarang Utara Agil Syahrudiana, Bhabinsa, Tokoh Agama, dan beberapa perwakilan Karang Taruna Desa di Cikarang Utara.

Pelaksanaan Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Karang Taruna Wibawa Mukti Desa Karangbaru Masa Bhakti 2022-2025 dilanjutkan dengan pengucapan janji pengurus Karang Taruna, kemudian dilakukan penyerahan bendera Karang Taruna secara simbolis oleh Kades Karangbaru, Komarudin Ambarawa kepada Ketua Karang Taruna Wibawa Mukti Desa Karangbaru, Muhammad Alpian.

Kepala Desa Karangbaru, Komarudin Ambarawa berharap, Karang Taruna Wibawa Mukti bisa menjalankan tugas dan fungsi masing-masing anggotanya dengan sebaik-baiknya.

“Karang Taruna adalah organisasi Sosial Kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah Desa Karangbaru,” tegasnya.

“Pemilihan Karang Taruna desa itu diatur oleh Permensos nomor 25 tahun 2009 tentang karang taruna dan diatur oleh Perbub nomor 122 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan karang taruna, untuk tingkat desa melalui musyawarah keluarga karang taruna di desa masing-masing, tetapi untuk tingkat kecamatan itu dilakukan dengan musyawarah,” tambah Ambarawa.

Dirinya juga mengatakan, untuk mewujudkan pemuda Kreatif serta Inovatif, membutuhkan kerjasama yang baik antar seluruh pihak. Dia berharap, pihak lain juga ikut membantu.

Ketua Karang Taruna Wibawa Mukti terpilih, Muhammad Alpian mengatakan, akan menjadikan Karang Taruna Wibawa Mukti Desa Karangbaru lebih baik lagi kedepannya.

“Alhamdulillah, kita sudah dilantik dan kedepanya kita harus hadir untuk masyarakat, karena Karang Taruna bersifat partisipatif dengan kegiatan sosial untuk masyarakat, kita harus bisa jauh lebih baik lagi untuk masyarakat,” paparnya.

Alpian menyebutkan, langkah pertama Karang Taruna Wibawa Mukti Desa Karangbaru akan melakukan bimtek untuk seluruh pengurus, karena pada Karang Taruna sendiri ada beberapa bidang seperti UMKM, sosial, keagamaan, dan lainnya.

“Langkah pertama kita akan lakukan bimtek untuk seluruh jajaran pengurus karena kita memiliki beberapa bidang agar nantinya masing-masing ketua bidang bisa melakukan tugasnya dengan baik di masyarakat,” ucapnya.

Dirinya berharap, agar seluruh pengurus yang baru akan bekerja dengan baik dan kompak sehingga bisa lebih baik lagi kedepanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cikarang Utara, Agil Syahrudiana mengucapkan, selamat kepada seluruh Karang Taruna Wibawa Mukti Desa Karangbaru untuk masa bhakti 2022-2025, dengan mengucapkan sumpah dan janji, jadikanlah sebagai pedoman dalam menjalankan tugas serta kewajiban dengan baik sesuai tupoksi sebagai organisasi kepemudaan, sehingga dapat menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan dan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial.

Ia juga berpesan, Karang Taruna harus menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial, kemasyarakatan, keagamaan, perekonomian, dan pertanian.

“Dan juga harus menjadi wadah bagi pemuda dalam menuangkan ide dan gagasan kreatif, sehingga dapat menghasilkan inovasi bagi kemajuan desa,” pungkas Agil. (Jar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*