Home » Cirebon » Raih Prestasi Tingkat Nasional, DPRD Kab Cirebon Sambangi Desa Kalikoa

Raih Prestasi Tingkat Nasional, DPRD Kab Cirebon Sambangi Desa Kalikoa

CIREBON – Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan kunjungan kerja ke Desa Kalikoa, Kecamatan Kedawung, Kab Cirebon mengenai Desa Digital, Jum’at (2/12/2022). Sebagai mana diketahui, Desa Kalikoa baru saja meriah Anugerah Transformasi Digital Pemdes Terbaik Festik 2022 di Pontianak Kalimantan Barat beberapa pekan silam. 

Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuh masyarakat yang dipimpin oleh Kuwu Misabakh Fauzi. Jelas saja, Keberhasilan anugrah tingkat nasional ini tidak hanya menjadi kebanggan masyarakat Desa Kalikoa saja, namun menjadi Kebanggan Kabupaten Cirebon. Atas Keberhasilan ini, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon pun melakukan kunjungan khusus ke desa yang berbatasan langsung dengan Kota Cirebon ini.

“Saya mendapat kabar bahwa Desa Kalikoa mendapat apresiasi dari pusat dengan meraih Penghargaan Transformasi Desa Digital Terbaik dalam Relawan TIK Award – Festival TIK Tahun 2022,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kab Cirebon H. Sofwan, ST. Ia menjelaskan, berkaitan dengan Digtalisasi Desa dan hasil diskusi yang dilakukan dengan Pemdes Kalikoa, diharapkan Desa Kalikoa menjadi contoh untuk desa lainnya di Kabupaten Cirebon. 

“Gebrakan yang dilakukan Desa Kalikoa ini sangat mengapresiasi atas ikhtiar dan kesungguhan dari Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Kalikoa untuk bisa melakukan transformasi dari manual ke digital terutama pada aspek Pemerintahan, dimana hal tersebut tidak mudah,” katanya. Sofwan juga menambahkan, kalau pihaknya akan  melakukan mengevaluasi terkait trobosan-trobosan yang dilakukan oleh beberapa desa dalam rangka desa digital. Desa Kalikoa menurutnya memang punya keunggulan tersendiri terlebih karakter masyarakatnya yang sudah melek teknologi lantaran merupakan desa perbatasan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*