Home » Cirebon » Imlek 2574, Polresta Cirebon Bersih-bersih Enam Klenteng  

Imlek 2574, Polresta Cirebon Bersih-bersih Enam Klenteng  

CIREBON – Peringatan Hari Raya Imlek 2574 tahun 2023, Polresta Cirebon melaksanakan bhakti sosial. Kegiatan ini dilakukan di enam vihara atau sekaligus yang termasuk dalam wilayah hukum Polresta Cirebon. “Kegiatan Bhakti Sosiall tersebut juga turut melibatkan personel polsek, koramil, pemdes, pihak internal vihara serta masyarakat sekitar,” ujar Kasi Humas Polresta Cirebon IPTU Moch. Fadholi, Jumat (20/1/2023).

Fadholi mengatakan, melalui kegiatan Bhakti Sosial ini diharapkan dapat terjalin komunikasi dan memperkokoh kerukunan umat beragama. “Sehingga tercipta situasi kondusif  pada Imlek tahun ini ,” katanya. Selain itu, tambahnya, sejumlah organisasi-organisasi yang sangat mendukung toleransi umat beragama di wilayah Kab Cirebon, juga ikut terlibat.

Dijelaskan, pihaknya sudah melakukan rencana pengamanan sesuai SOP. “Dari jauh-jauh hari kita sudah melakukan perkiraan intelijen, kemudian kita sudah membuat rencana pengamanan dan baksos ini. Alhamdulillah semua personel sudah terfloting di 6 klenteng,” jelasnya.

Dari hasil monitoring tadi, segala persiapan yang dilakukan panitia sudah sesuai dengan rencana. “Alhamdulillah segala persiapan beberapa di titik tempat ibadah yang merayakan Imlek sudah dilaksanakan sesuai dengan apa yang kita sampaikan dan kita sarankan kepada panitia, sesuai arahan Pak Kapolresta Cirebon,” ulasnya.

Adapun enam vihara yang menjadi sasaran baksos yakni:

1. Klenteng Hok Keng Tong
Vihara Dharma Sukha di Desa Weru Kidul Kecamatan Weru

2. Klenteng Hok Teng Tjeng
Vihara Dharma Rakhita di Desa/ Kecamatan Jamblang

 3. Vihara Budi Asih  Desa Jungjang Kecamatan Arjawinangun.

4. Vihara Budhi Dharma Lokasi Desa Gebang Mekar Kecamatan Gebang,

5.  Vihara Anu Rudha (Klenteng Lok Pin Tong) Lokasi Desa Ciledug Lor Kecamatan Ciledug

6. Vihara Dharma Loka Lokasi Desa/Lemahabang, Kecamatan Lemahabang

Kegiatan baksos tersebut masing masing dipimpin dan dihadiri kapolsek setempat. Yakni Kapolsek Weru, Kapolsek Klangenan, Kapolsek Arjawinangun, Kapolsek Gebang, Kapolsek Pabuaran, dan Kapolsek Lemahabang.

Perayaan Hari Raya Imlek sendiri jatuh pada Minggu (22/1/2023). Bahkan persiapan sudah dilakukan oleh sejumlah pengurus vihara di wilayah Kabupaten Cirebon. Sejumlah pernak pernik dipasang untuk meramaikan Hari Raya Imlek tahun ini. (crd/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*