Home » Bekasi » Kota Deltamas Selenggarakan Festival Kebudayaan Jepang Bertajuk Deltamas Matsuri 2023 Persembahkan J-Rocks Hingga Band Kotak

Kota Deltamas Selenggarakan Festival Kebudayaan Jepang Bertajuk Deltamas Matsuri 2023 Persembahkan J-Rocks Hingga Band Kotak

BEKASI – Kota Deltamas menyelenggarakan ‘Deltamas Matsuri’, sebuah festival kebudayaan Jepang-Indonesia yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Kegiatan ini bertujuan untuk
membangun silaturahmi dan hubungan yang harmonis antara komunitas lokal dan ekspatriat Jepang yang tinggal serta bekerja di kawasan Kota Deltamas. Festival Deltamas Matsuri diselenggarakan pada tanggal 4-5 November 2023 di lapangan samping Marketing Office Kota Deltamas.

Acara tesebut juga menjadi ajang pertunjukan keberagaman budaya Jepang-Indonesia sekaligus meningkatkan pariwisata khususnya industri kreatif bagi komunitas masyarakat dari kedua negara yang berada di sekitar Kota Deltamas, khususnya wilayah Jakarta-Jawa Barat.

Direktur Operasional Kota Deltamas, Tommy Satriotomo mengatakan, Deltamas Matsuri bukan hanya sekedar acara festival budaya saja. Lebih dari itu, acara ini menjadi momentum penting dalam mendukung pembangunan komunitas yang beragam di Kota Deltamas.

“Apalagi, saat ini jumlah ekspatriat khususnya dari Jepang pun terus bertumbuh dan mereka umumnya bekerja di kawasan industri GIIC yang berada di Kota Deltamas, serta sekitar wilayah Cikarang. Melalui acara ini, kami juga ingin mengobati rasa kangen para ekspatriat Jepang, sehingga diharapkan mereka dapat merasakan
suasana serupa yang biasa dilakukan tiap tahunnya di kampung halaman mereka dalam menyambut mekarnya Bunga Sakura,” ujarnya, Sabtu (04/11/2023).

Tommy berharap, bisa mengobati sedikit rasa kangen para ekspatriat Jepang dan bisa merasakan suasana serupa di kampung halaman mereka dalam menyambut mekarnya bunga sakura.

“Melalui acara ini, kami berharap dapat membangun silaturahmi dan hubungan yang harmonis antara komunitas lokal dan ekspatriat Jepang, yang tinggal serta bekerja di kawasan Kota Deltamas,” ucapnya.

Ketua Komunitas Alumni Jepang Indonesia (KAJI), Fuad A Khadir menambahkan, gelaran Deltamas Matsuri ini dapat membuka wawasan masyarakat akan budaya Jepang, begitu sebaliknya.

Peresmian Pembukaan Deltamas Matsuri di Kota Deltamas samping Marketing Office, Cikarang Pusat, Sabtu (04/11/2023). Foto: Dok

Sementara itu, PJ Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, Kabupaten Bekasi saat ini sudah menjadi kota internasional, dimana hampir 24 bangsa dari berbagai belahan dunia tinggal di wilayah yang dikenal sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.

“Kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, festival kebudayaan dari saudara-saudara kita, komunitas Jepang,” katanya.

Dani berharap, komunitas lain yang ada di Kabupaten Bekasi seperti Korea, Cina, Amerika, Eropa, bisa juga menggelar acara seperti ini, supaya memperkaya khasanah dan pengetahuan masyarakat mengenai budaya asing.

Dari kegiatan budaya tersebut, lanjutnya, masyarakat bisa mengenal kultur, karakter, kepribadian, nilai-nilai, etos kerja dari sebuah bangsa.

“Karena Jepang sangat dikenal dengan etos kerja yang tinggi dan ini sangat baik kalau ditiru oleh masyarakat kita,” tutupnya.

Tahun ini, Deltamas Matsuri menghadirkan beragam guest star menarik di antaranya Kotak Band, J-Rocks, Amai Monogatari, Elaine, Kirashi Dream, Rozen Girl, Shirai Metal, Yuriwa, Shun Suke, Hiro Umeda dan lainnya. Acara ini juga dimeriahkan dengan adanya Cosplay Parade, kompetisi olahraga dari tenant Greenland International Industrial Center (GIIC), hingga bazaar yang diikuti lebih dari 140 UMKM dengan menyajikan ratusan menu kuliner khas Indonesia maupun Jepang. Festival kebudayaan Jepang-Indonesia ini terbuka untuk masyarakat umum dan free entry mulai dari jam 10.00-21.00 WIB.

Deltamas Matsuri diselenggarakan oleh Kota Deltamas bekerja sama dengan Komunitas Alumni Jepang di Indonesia dan Kota Deltamas (KAJI) serta didukung oleh Kedubes Jepang, Japan Foundation, JETRO, Japan National Tourism Organization (JNTO), The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships (AOTS), Cikarang Japan Club (CJC), Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bekasi, KADIN Kabupaten Bekasi, Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) di Indonesia, hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. (Jar/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*