Home » Cirebon » Fasilitasi Dunia Kerja Siswa-siswinya, MAN 4 Cirebon Gelar ‘Career Expo’ 2024

Fasilitasi Dunia Kerja Siswa-siswinya, MAN 4 Cirebon Gelar ‘Career Expo’ 2024

CIREBON – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Cirebon menggelar agenda Career Expo, yang berlangsung pada Selasa sampai Rabu 9 – 10 Januari 2024. Acara ini digelar di hari awal kembalinya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) MAN 4 setelah liburan semestar selama 2 pekan.

ANTUSIAS – Siswa-siswi Man 4 Cirebon tampak antusias mengikuti kegiatan karir Expo 2024.

Agenda acara ini bertujuan memperkenalkan siswa MAN 4 untuk jenjang karir yang akan mereka pilih setelah lulus dari sekolah nanti. Sedikitnya ada 15 perwakilan Perguruan Tinggi, baik dari Negeri maupun Swasta hadir dalam gelaran Expo kali ini. Juga turut serta 7 Lembaga Pelatihan Kerja yang ada di wilayah Cirebon mendukung acara ini dari hari pertama hingga hari kedua.

Kepala Sekolah MAN 4 Cirebon, Hj. Uswatun Hasanah, M.Ag, dalam sambutannya pada acara pembukaan menekankan pentingnya menyiapkan diri sebelum memilih jenjang karir di masa depan.

“Kesempatan saat inilah bagi kalian anak-anak siswa kelas XII untuk menatap ke depan, menentukan arah masa depan mau kemana, yang jelas kalian harus punya cita-cita. Pilihannya mau melanjutkan ke perguruan tinggi atau masuk ke dunia kerja,” tegasnya di depan ratusan siswa dan peserta expo.

Berbeda dengan agenda tahun sebelumnya, yang bertajuk Campus Expo, kali ini penyelenggara menggantinya dengan istilah “Career Expo” menimbang banyaknya lulusan yang berminat melanjutkan jenjang karirnya di dunia kerja.

Koordinator BK MAN 4 Cirebon saat diwawancarai terkait penyelenggaraan Career Expo.

Demikian disampaikan oleh Nining Suhaeni, S.Pd, selaku Koordinator Bimbingan & Konseling (BK) MAN 4 Cirebon sekaligus penanggungjawab acara Career Expo saat diwawancarai Tim JP.

“Tema acara ini kami rubah menjadi Career Expo karena mengingat banyaknya permintaan siswa ke dunia kerja. Dari 288 siswa, baru ada 90 siswa yang mengajukan diri untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, sedangkan sisanya lebih banyak ingin berangkat kerja ke Korea atau ke Jepang. Maka dari itu selain menggandeng pihak kampus, kami hadirkan juga LPK-LPK dan Pengusaha yang nanti bisa memberikan informasi-informasi berguna bagi siswa yang akan memilih dunia kerja setelah lulus, terutama yang mau kerja di luar negeri,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan pada acara Career Expo hari pertama masih bersifat pameran dan menyeluruh untuk semua kelas. Nampak juga beberapa stand booth siswa memanjang produk jualan hasil kreasi tata boga dari kelas 11. Sedangkan di hari kedua, mitra acara, baik dari perwakilan kampus maupun LPK dan pengusaha nanti lebih difokuskan menyampaikan informasi ke tiap jurusan kelas.

Sebagai Koordinator BK ia pun menyampaikan harapannya. “Kami sebagai pihak sekolah berharap agar siswa tidak menganggur setelah lulus nanti. Kalau tidak melanjutkan kuliah, setidaknya mereka bisa berkarir di dunia kerja, seperti itu juga harapan dari orang tua siswa yang disampaikan kepada kami,” tandasnya.

Sementara itu, hal senada disampaikan pula oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Budi Suryo Sumantri saat ditemui tim JP di lokasi acara. “Kami dari MAN 4 Cirebon mendorong siswa-siswinya untuk melanjutkan jenjang pendidikan sampai ke perguruan tinggi, sehubungan berkurangnya minat untuk itu, serta dorongan beberapa orang tua siswa yang berharap anaknya bisa langsung bekerja, maka agenda yang sebelumnya mengangkat tema Campus Expo, kini menjadi Career Expo.

Budi Suryo Sumantri Wakasek Bidang Kesiswaan MAN 4 Cirebon saat diwawancarai di lokasi expo.

Maka dari itu, selain mengundang perwakilan dari 15 kampus yang kebetulan itu dari siswa-siswi lulusan MAN 4 Cirebon, diantara 5 kampus negeri, untuk memberi motivasi dan informasi tentang persiapan apa saja ketika nanti kuliah di perguruan tinggi. Kami juga mengajak beberapa LPK dan pengusaha untuk terlibat dalam event ini. Harapannya dengan menggandeng mereka, LPK-LPK dan Pengusaha ini bisa memfasilitasi siswa-siswi kami untuk ikut program yang mereka tawarkan dalam dunia kerja,” paparnya.

Disinggung terkait tren masyarakat Cirebon yang banyak bekerja di luar negeri, ia pun menyampaikan perihal mata pelajaran di MAN 4 Cirebon untuk mendukung program tersebut.

“Kebetulan di sekolah kami ada mata pelajaran bahasa asing, di antaranya bahasa Arab, bahasa Korea dan bahasa Jepang. Alhamdulillah salah satu guru bahasa Jepang di sekolah kami sudah sertifikasi P3K, ” pungkasnya.

Dari pantauan tim JP di lokasi sejak dibukanya acara ini, nampak cukup meriah dan disambut antusias oleh seluruh peserta. Lebih dari 30 stand booth peserta expo berdiri di sepanjang lokasi acara dengan memajang x-banner berisi informasi produk dan program-program unggulan masing-masing peserta.

Dari pantauan di lokasi sejak dibukanya acara ini, siswa siswi antusias mengikuti kegiatan. Lebih dari 30 stand booth peserta expo berdiri di sepanjang lokasi acara dengan memajang x-banner berisi informasi produk dan program unggulan.

SUPPORT – LPK Mirai Nusantara turut mensupport event Career Expo di MAN 4 Cirebon.

Supriyadi, perwakilan LPK Mirai Nusantara sebagai salah satu peserta Career Expo MAN 4 Cirebon menyampaikan kesan dan pesannya. “Event Career Expo di MAN 4 Cirebon seperti ini bagus. Sebagai wadah dan sarana mempersiapkan sedini mungkin para siswa dan siswi MAN 4 sendiri untuk menentukan ke jenjang berikutnya setelah lulus sekolah nantinya. Supaya ada pandangan sebelum melangkah lebih jauh dan baik lagi. Di sini kami hadir untuk memberi informasi dan membantu memfasilitasi kebutuhan siswa ketika mereka berniat melanjutkan karirnya di dunia kerja saat lulus nanti, terutama yang berniat ikut program magang ke Jepang,” tegasnya.

BERPOSE – LPK Aska Bali Cabang Cirebon berpose dengan Tim JP di depan stand.

Sedangkan Hendrik Ferdian selaku Perwakilan dari LPK Aska Bali menyampaikan statemennya terkait keikutsertaan dalam penyelenggaraan acara ini.

“Alhamdulillah, LPK Aska Bali dapat hadir dalam Career Expo MAN 4 Cirebon untuk memastikan siswa-siswi MAN 4 khususnya yang bercita-cita berangkat ke Jepang bisa kita fasilitasi. Perlu kami informasikan bahwa LPK Aska Bali ini adalah Sending Organization (SO) yang sudah terkenal dan terpercaya berpusat di Pulau Bali, kami bisa fasilitasi mereka yang mendaftar ke Aska Bali mulai dari nol sampai keberangkatan. Kami juga memberi kemudahan yaitu meng-cover bagi peserta yang mendaftar ke Aska Bali di pulau Jawa dan khususnya di daerah Cirebon, jadi tidak usah jauh-jauh datang ke Bali. Karena kami di sini sudah buka cabang resminya, di Jl Pangeran Sutajaya Desa Hulubanteng, Kec Pabuaran,” papar pria yang akrab disapa Kang Hendrik ini dengan nada antusias. (rif/jay/adv)

Siswa siswi MAN 4 Cirebon mengenakan Cosplay Jepang persembahan dari LPK Azka Bali Cabang Cirebon.
Puluhan stand berjejer di area Career Expo MAN 4 Cirebon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*