Home » Info Jabar » SMK Muhamadiyah Lemahabang Gelar Uji Kompetensi

SMK Muhamadiyah Lemahabang Gelar Uji Kompetensi

CIREBON – SMK Muhamadiyah Lemahabang, Kabupaten Cirebon, gelar uji kompentensi. Nuryahati ST, selaku ketua kegiatan uji kompentensi, mengatakan, dalam hal ini SMK Muhamadiyah sudah ada kerjasama dengan Yamaha dan Toyota.

“Dalam uji kompetensi ini ada empat ruang ujian dengan jumlah siswa 32. Jadi setiap peserta harus melalui empat ruang tes. Yakni ruang test CCS, ruang test pengukuran, ruang test berkala dan ruang test overhoul.

Untuk diketahuii, uji kompetensi keahlian pada siswa SMK merupakan bagian dari Ujian Nasional. Hasil uji kompetensi menjadi indikator atas ketercapaian standar kompetensi lulusan sebagaimana tertuang dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2009. Sedangkan hasil uji kompetensi bagi para stakeholder adalah merupakan bahan yang akan dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki si calon tenaga kerja (siswa lulusan SMK). Uji kompetensi keahlian pada siswa SMK terdiri atas ujian Teori Kejuruan dan ujian Praktik Kejuruan.

Seperti yang kita tahu bahwa kurikulum SMK dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi (competency-based curriculum),oleh karena itu uji kompetensi keahlian harus menggunakan metode penilaian berbasis kompetensi (competency-based assessment). Dan Pelaksanaan uji kompetensi berbasis kompetensi diarahkan untuk mengukur dan menilai performansi peserta uji meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Saat berita ini ditulis, kegiatan masih berlangsung. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*