Home » Bandung » Wagub Jabar Sebut Proyek Lippo Group Meikarta Penipuan & Ilegal
Wagub Jabar Sebut Proyek Lippo Group Meikarta Penipuan & Ilegal

Wagub Jabar Sebut Proyek Lippo Group Meikarta Penipuan & Ilegal

Wagub Jabar Sebut Proyek Lippo Group Meikarta Penipuan & Ilegal

BANDUNG – Mega proyek Lippo Group Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, diminta dihentikan. Itu karena proyek tersebut belum mengantongi izin dan rekomendasi dari Pemerintah Daerah dan Provinsi. Bahkan wagub menyebut proyek tersebut penipuan, karena menjual sesuatu yang ilegal.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menjelaskan proyek metropolitan harus mendapatkan rekomendasi berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 12 tahun 2014 tentang Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat.
“Semestinya Meikarta dibangun dengan rekomendasi Pemprov Jabar,” tegas Deddy Mizwar di Gedung Sate Kota Bandung Jawa Barat, Senin 31 Juli 2017. Deddy menegaskan, mengacu pada Perda tersebut, proyek dan pemasaran Meikarta melanggar.

“Saya minta kegiatan pembangunan dan pemasaran Meikarta dihentikan sementara, sampai jelas RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) dan sampai keluarnya rekomendasi provinsi,” katanya. Deddy menyayangkan, proyek tersebut dilaksanakan tanpa izin Pemerintah. “Ini ternyata permohonan izin pun belum ada. Hati-hati Meikarta, kalau sampai ini diabaikan, yang lain akan lakukan hal yang sama,” tegasnya.

Deddy menambahkan, jika pembangunan dan pemasaran Meikarta masih berlangsung, sama halnya dengan menjual properti ilegal. “Mungkin orang-orang ini (pemilik modal) lupa bahwa ini Negara hukum. Pemasaran ini kalau tidak dihentikan dulu sampai ada rekomendasi, bisa dibilang penipuan, karena mereka menjual sesuatu yang ilegal,” tegasnya. (dbs/jp)

11 comments

  1. kalau ilegal itu ga di jual secra resmi ke publik, ini kan jelas…semua nya ada, izin, sertifikat, dan legalitas lainnya….terlalu dini pak wagub berkomentar seperti ini

    • Betul itu…apalagi Lippo itu kan perusahaan listed…dan pastinya pembelinya org yg cerdas. Klu yg ngomong di portal gurem ma bisa jadi sumbu pendek yg hanya bisa dengar ocehan pejabat yg punya kepentingan. Lah kan yg ngeluariin izin itu Pemkab (Bekasi) napa Pemprov yg komen, gitu Wakil lagi sementara Gubnya santai aja tu. Makin keliataan kualitas iklan sosis.

  2. meikarta ini kan cuma pengembangan proyek dari orange county, brrti izn dan sgla ssuatu nya sdh di kantongi dari lama dong…kenapa bru sekarang di ributin maslah izin lagi, heran lihat birokrasi di negeri ini

  3. sebagian besar warga sangat mengharapkan pembangunan meikarta karena kami yakin akan ada lapangan kerja baru yg bisa kami dapat. jangan dengar kanan kiri yg punya kepentingan materi semata, tapi berpikirlah bahwa meikarta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan warga sekitar

  4. Ane tinggal di sekitar Cikarang/Cibatu, ane dan warga sama sekali tdk keganggu dengan pembangunan Meikarta. Setau ane sudah lama pembangunan apartemen Orange County di mulai masa cuman ganti nama di ributin??? Jijij bangat liat tu LSM yg demo bawa warga padahal ga tau warga darimana. Ga mikir kali yah klu ada pengembangan kota bisa buka lapangan kerja. Daripada hanya terima uang nasi bungkus, paling seminggu juga abis, setelah itu lapar lagi hehehhe…

  5. kenapa ya kalau ada yang mau bangun proyek untuk kemajuan suatu daerah malah di persulit dan di ributin??nanti nya kan proyek ini bisa di nikmati oleh semua masyarakat…ayolah, di bantu pengusaha2 yang mau tanam modal di negeri ini

  6. wow!! beritanya sadis, kalo bener pak wagub omongan seperti itu, bisa di krangkeng si Wagub ni. kamu yakin min, pak wagub ngomong begitu? meikarta jelas jelas punya Ijin, terlalu banyak regulasi pun yang dikeluarkan Meikarta mempunyai itikad baik lg dlm proses penyelesaian.

  7. penipuan itu kalau penjual nya kabur dan hilang ga ada kabar, ini kan jelas..managemen nya ada, sales nya ada…..konsep jual dulu baru bangun itu mah udah biasa kalii pak wagub, smua developer juga begitu

  8. waduh, jangan gitu dong pak deddy jangan langsung judge gitu, itu akan menimbulkan kekwatiran orang-orang yg sudah berniat membeli meikarta, hal itu juga akan merugikan semua pihak, pihak meikarta, masyarakat maupun pemda, kenapa begitu?? pajak untuk pemda akan berkurang, lapangan kerja utk masyarakat akan stagnan, lucunya gubernur jabar kok gak bunyi, yg berkicau cuma pak deddy ada apa ya?? harusnya prestasi yg ditunjukkan untuk jabar, misalnya banjir tidak ada, tumpukan sampah hilang dari bandung. Selama bapak memimpin di Jabar sepertinya gk ada prestasi yang membanggakan.

  9.  Waduh, jangan gitu dong pak Deddy jangan langsung judge gitu, itu akan menimbulkan kekwatiran orang-orang yg sudah berniat membeli meikarta, hal itu juga akan merugikan semua pihak, pihak meikarta, masyarakat maupun pemda, kenapa begitu?? pajak untuk pemda akan berkurang, lapangan kerja utk masyarakat akan stagnan, lucunya gubernur Jabar kok gak bunyi, yang berkicau cuma pak deddy ada apa ya?? harusnya prestasi yang ditunjukkan untuk Jabar, misalnya banjir tidak ada, tumpukan sampah hilang dari bandung. Selama bapak memimpin di Jabar sepertinya gk ada prestasi yang membanggakan.

  10. Klo ada yang Legal kenapa harus pilih yang ilegal. Gitu aja koq repot.
    Ini salah satu Proyek Pemerintah itu Jawa Barat yang Legal “Evenciio Margonda Apartment Depok”
    Visit Us: http://evencio-depok.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top