Home » Bandung » POPDA XII/2018, Ladang Pembibitan Elit Atlet Jabar

POPDA XII/2018, Ladang Pembibitan Elit Atlet Jabar

BANDUNG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan, membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jabar XII Tahun 2018, di Sarana Olah Raga ( SOR) Arcamanik Jabar, Jl. Pacuan Kuda No.52, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung, Senin (30/07/2018).

Pj Iriawan, atau yang akrab disapa Iwan menyebut Pekan Olahraga Pelajar merupakan ladang pembinaan para atlet usia dini, khususnya yang masih berstatus pelajar, yang notabene merupakan bibit-bibit atlet elit Jawa Barat di masa depan.

“Hampir sebagian besar elit-elit atlet senior Jawa Barat, yang saat ini sudah mampu meraih prestasi di berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional, pernah mengikuti event POPDA seperti ini di kala usia remajanya,” katanya.

Para atlet pelajar yang meraih prestasi tertinggi di ajang POPDA ini, sambung Iwan, berpeluang besar untuk memperkuat kontingen atlet pelajar Jawa Barat, pada event Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019 di Papua nanti.

Pada ajang POPNAS sebelumnya, yakni POPNAS XIII pada tahun 2015 di Bandung, Kontingen Atlet Pelajar Jawa Barat meraih predikat Juara Umum untuk pertamakalinya. Prestasi sebagai Juara Umum tersebut dapat dipertahankan pada POPNAS XIV Tahun 2017 di Jawa Tengah.

 

“Dengan demikian, kakak-kakak kelas kalian telah mengukir prestasi tertinggi di ajang POPNAS. Kini giliran angkatan kalian untuk mempertahankan gelar Juara Umum POPNAS untuk yang ketiga kalinya,” katanya.

“Jika kakak-kakak kalian bisa, maka kalian pun harus bisa !”

Sebagian atlet yang berpretasi di POPNAS 2015 dan 2017 tersebut, saat ini sudah berkiprah di berbagai kejuaraan tingkat nasional, dan dipersiapkan untuk menjadi atlet Jabar yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, juga di Papua.

Hal ini menggambarkan, bahwa jalan kesuksesan terbuka lebar bagi para atlet pelajar yang mampu berprestasi di ajang POPDA untuk terus menapaki karir keatletannya di tingkat nasional, bahkan di tingkat dunia.

Tentu lanjut Iwan, tujuan dari penyelenggaraan POPDA bukan hanya pencapaian prestasi olahraga semata, tetapi terkandung juga maksud sebagai ajang pendidikan karakter, melatih disiplin, kerja keras, kerjasama tim dan sportivitas di kalangan pelajar, disamping juga semangat persatuan dan kesatuan.

“Karena ajang pertandingan olahraga bukanlah hanya sarana untuk berkompetisi semata, melainkan juga wahana untuk membangun semangat kebersamaan dan kekeluargaan di antara sesama peserta,” katanya.

“Olah kerena itu disamping berjuang meraih prestasi tertinggi, kalian harus juga berjuang menjaga sportivitas, karena prestasi tanpa sportivitas adalah prestasi yang semu,” tambah Iwan.

Sebanyak 3.038 atlit pelajar dari 27 Kabupaten/ Kota se- Jawa Barat, dipastikan berlaga pada event POPDA Jabar tersebut.

POPDA XII Jabar, akan digelar pada 30 Juli sampai dengan 3 Agustus tahun 2018, di Kota Bandung. Mempertandingkan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) dengan 284 nomor, serta memperebutkan 284 medali emas, 284 medali perak, dan 420 medali perunggu. (rls/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*