Home » Cirebon » Kegiatan GERMAS Puskesmas Kalimaro Meriah & Sukses Besar

Kegiatan GERMAS Puskesmas Kalimaro Meriah & Sukses Besar

CIREBON – Meski usianya masih belia, namun inovasi dan gebrakan-gebrakan terus digalakan oleh UPTD Puskesmas Kalimaro yang terletak di Desa Kalimaro, Kec Gebang, Kab Cirebon. Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 misalnya, Puskesmas Kalimaro menggelar berbagai kegiatan GERMAS (gerakan masyarakat hidup sehat) yang berlangsung super meriah dan sukses, Sabtu (30/11/2019).

JUARA 1 – SDN 2 Dompyong Wetan meraih juara 1 lomba kreasi CTPS yang digelar Puskesmas Kalimaro. Hadiah disershkan langsung ketua TP PKK Kec Gebang.

Wakil Ketua Panitia Rakhmat Hidayat mendampingi Ketua Panitia Bidan Nurhayati atau akrab disapa Bidan Nuy, kepada Jabar Publisher mengatakan, bahwa kegiatan GERMAS tersebut dibagi dalam beberapa sesi. “Ada sejumlah kegiatan GERMAS di wilayah kerja Puskesmas Kalimaro, antara lain senam germas selama setengah jam yang dimotori oleh kader kesehatan dan diikuti oleh anak sekolah se-wilayah kerja kami. Berikutnya lomba kreasi cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang diikuti oleh sembilan SD dan PAUD se wilayah kerja Puskesmas Kalimaro dan berhasil dimenangkan oleh SDN 2 Dompyong Wetan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, acara germas juga diisi dengan kampanye makan buah sebagai upaya promotif dan prefentif agar buah menjadi asupan wajib setiap hari bagi masyarakat, terlebih anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. “Tujuannya agar anak-anak SD dan PAUD tidak boleh tidak makan buah setiap hari, karena kandungan vitamin dan mineral dalam buah itu sangat baik bagi kesehatan,” terangnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan germas tersebut, merupakan instruksi langsung dari Kepala Dinas Kesehatan Kab Cirebon dan Bupati Cirebon kepada semua Puskesmas di Kabupaten Cirebon dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55, tahun 2019 ini. Ia berharap, gerakan masyarakat hidup sehat ini tidak hanya menjadi slogan dan hanya bergaung ketika ada ceremonial tertentu.

“Untuk itu, kami dari Puskesmas Kalimaro tetap rutin melaksanakan kegiatan bulanan lewat para programer seperti melaksanakan kampanye 3M Plus dalam mencegah DBD, program untuk para manula atau lanjut usia, pemeriksaan gula darah sebagaimana tadi diselenggarakan dan diikuti oleh 150 orang secara gratis. Pemeriksaan gula darah ini juga penting untuk mengetahui status seseorang apakah terkena diabetes militus atau tidak. Karena diabet ini merupakan penyakit kedua terbesar setelah jantung koroner,” ulas Rakhmat yang juga Ketua Program Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Kalimaro ini.

Disela-sela pengumuman pemenang, panitia juga membagikan banyak doorprize untuk peserta yang bisa menjawab quiz seputar kesehatan dengan dipandu langsung Kang Rakhmat. Mereka tampak antusias menjawab dengan mengangkat tangan terlebih dahulu. Acara juga semakin meriah karena diisi juga dengan hiburan musik. Tampak para bidan di Puskesmas Kalimaro bernyanyi riang sambil bergoyang bersama para undangan.

SERAHKAN – Kepala Puskesmas Kalimaro Juhud S, juga turut menyerahkan hadiah kepada perwakilan Juara 2 lomba CTPS.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kec Gebang, Yanti Handayani, SH mengatakan, bahwa hidup sehat itu tidaklah mahal. “Alhamdulillah di acara GERMAS kuhusunya di Puskesmas Kalimaro, bersama dengan ibu-ibu PKK Kec Gebang, kita bisa sosialisasi langsung ke masyarakat, termasuk juga anak-anak PAUD, TK dan SD, bahwa Germas dan hidup sehat ini milik kita semua, bukan milik perorangan. Hidup sehat itu tidak harus mahal, dengan kita makan sayur, buah-buahan dan sering olahraga atau senam, juga merupakan pola hidup yang sehat. Selain itu, cuci tangan yang benar pakai sabun, maka kita akan sehat terhindar dari berbagai macam penyakit,” ujarnya.

WAWANCARA – Ketua Tim Penggerak PKK Kec Gebang, Yanti Handayani SH didampingi Bidan Lia dan Bidan Nina Linidawati saat diwawancarai wartawan JP.

Ia berharap, mudah-mudahan semua masyarakat khusunya di Kecamatan Gebang selalu diberikan kesehatan dengan menerapkan PHBS (pola hidup bersih dan sehat). “Dengan diadakannya kegiatan Germas ini semoga kita bisa membangun kesadaran masyarakat, agar menjalankan pola hidup bersih dan sehat sehingga kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Apalagi penyakit zaman sekarang itu aneh-aneh, seperti salah satunya stunting. Tapi Alhamdulillah di Kecamatan Gebang, dari pantauan kami, boleh dibilang bebas stunting,” tandas Istri Camat Gebang ini. (jay/adi)

HIBURAN – Acara Germas PKM Kalimaro ditutup dengan hiburan musik. Tampak para bidan bernyanyi dan bergoyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.