Home » Cirebon » Kab Cirebon Gencarkan Vaksinasi Bumil, Perdana Digelar di Kalimaro
SUKSES - Pelaksanaan vaksinasi ibu hamil pertama di Kab Cirebon, Sabtu 4 September 2021 Di Desa Kalimaro, Kec Gebang, berjalan lancar.

Kab Cirebon Gencarkan Vaksinasi Bumil, Perdana Digelar di Kalimaro

CIREBON – Kabar gembira! Vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil (bumil) di Kab Cirebon mulai dilakukan pada Sabtu (4/9/2021). Adapun lokasi pertama vaksinasi ibu hamil ini dilakukan di Desa Kalimaro (Wilayah kerja Puskesmas Kalimaro), Kec Gebang, Kab Cirebon, tepatnya di Praktek Mandiri Bidan (PMB) Hj. Lia Nurliati, S.ST. Ada 120 ibu hamil yang mendapat giiran vaksinasi hari ini. Selanjutnya kegiatan serupa juga akan digelar di PMB di desa-desa dan kecamatan lainnya di Kab Cirebon secara terjadwal.

SUNTIK – Ketua IBI Cabang Kab Cirebon dan Kepala Puskesmas Kalimaro berfose usai menyuntik salah satu peserta vaksinasi bumil.

Tampak hadir dalam agenda tersebut Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kab Cirebon, Surtinah, SST.,M.Kes, Kepala Puskesmas Kalimaro, Ketua IBI Ranting Babakan, Muspika Gebang, dan petugas kesehatan dari puskesmas setempat. Meski even perdana, namun acara berjalan sukses dan tertib. Hal ini karena persiapan yang matang dan kekompakkan yang terjalin diantara mereka. Acara dibuka dengan Mars IBI yang dipandu langsung oleh Bidan Nina Lindiawati, salah satu vaksinator di Puskesmas Kalimaro.

Dalam sambutannya, Ketua IBI Cabang Kab Cirebon memberikan edukasi dan motivasi kepada para ibu hamil agar tidak takut divaksin dan tetap menjaga prokes, mengingat imunitas ibu hamil cenderung menurun dibandingkan saat tidak hamil.

“Syarat ibu hamil yang bisa divaksin yakni kehamilan pada usia 13 sampai 33 minggu untuk dosis pertama. Adapun screening juga dilakukan lebih ketat. Misalnya tekanan darahnya harus terkontrol, ada comorbid atau tidak dan lainnya. “Jadi ibu-ibu tidak perlu takut untuk melakukan vaksin. Vaksin ini aman, halal, juga efektif untuk ibu hamil,” katanya.

KLIK! LAGU TENTANG COVID, BY: SP BAND

Ketua IBI berharap vaksinasi di PMB ini bisa mengatasi pandemi Covid-19 di Kab Cirebon khususnya. Tak lupa, Ia pun terus memotivasi para bidan agar tetap semangat melaksanakan tugas mulia ini. “Untuk bidan-bidan harus tetap semangat menjalankan program pemerintah khususnya program vaksinasi demi sehatnya negeri ini,” imbau Surtinah.

Usai acara gunting pita, Ketua IBI juga didaulat untuk menyuntikkan vaksin pada ibu hamil. Selanjutnya secara silih berganti para peserta vaksinasi itu pun discreening lalu divaksin. Para ibu hamil juga tampak bergembira karena pelaksana vaksinasi menyediakan aneka doorprize menarik yang bisa ditukarkan usai vaksinasi. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kalimaro, Witono S.Kep Ners mengajak masyarakat secara umum untuk mensukseskan gerakan vaksinasi. “Karena vaksinasi adalah ikhtiar terbaik yang bisa kita lakukan untuk memutus mata rantai covid 19. Silahkan datang, silahkan kroscek, silahkan tanya lewat medsos kami UPTD Puskesmas Kalimaro disitu kami berikan informasi secara update dan lengkap,” jelas Witono.

Sedangkan ‘tuan rumah’ vaksinasi bumil yakni Bidan Hj. Lia Nurliati S.ST menegaskan bahwa sebagai bidan Ia bersama rekan sejawatnya total mendukung program pemerintah terkait vaksinasi ini. Terbukti pelaksanaan vaksinasi perdana ini digelar di PMB-nya. “Kami termotivasi sekali untuk mewujudkan kondisi yang sehat dan bebas covid khususnya bagi ibu hamil. Inilah segenap sumbangsih kami kepada pemerintah dan masyarakat. Sekali lagi, vaksinasi covid 19 itu halal, efektif dan aman,” tandas Bidan Lia. 

Disela-sela vaksinasi, Tim JP juga menyempatkan untuk menggelar talkshow singkat bersama sejumlah narasumber yang hadir tentang program dan info seputar vaksinasi di Kab Cirebon. Untuk ulasannya simak di channel youtube JPNext TV, atau klik video dibawah ini. (jay/tim/jp)


GALER FOTO VAKSINASI BUMIL DI DESA KALIMARO, KEC GEBANG, KAB CIREBON

ARAHAN KETUA IBI KAB CIREBON KEPADA PESERTA VAKSINASI
NAKES DAN PARA PIHAK TERKAIT BERFOSE BARENG SEBELUM KEGIATAN VAKSINASI DIMULAI
ANEKA DOORPRIZE MENARIK DISEDIAKAN UNTUK BUMIL YANG MENGIKUTI VAKSINASI
PROSES SCREENING DILAKUKAN OLEH NAKES PUSKESMAS KALIMARO KEPADA BUMIL
VAKSINATOR PUSKESMAS KALIMARO, BIDAN NINA LINDIAWATI MENYAMPAIKAN PAPARAN ALUR VAKSINASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*