Home » Cirebon » Wabup Cirebon & Kadinkes Hadiri Vaksinasi Bumil Di Pabuaran Sampai Tuntas

Wabup Cirebon & Kadinkes Hadiri Vaksinasi Bumil Di Pabuaran Sampai Tuntas

CIREBON – Vaksinasi bagi ibu hamil (bumill) di Kab Cirebon terus bergulir. Kali ini, kegiatan vaksinasi bumil digelar di Desa Pabuaran Wetan, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon, tepatnya di Praktek Mandiri Bidan (PMB) Bidan Entat Suryatika, Sabtu (10/9/2021) pagi. Hebatnya lagi, acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup Cirebon) Hj. Wahyu Tjiptaningsih,SE,M.Si dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Cirebon Hj. Eni Suhaeni SKM M.Kes. Keduanya mendampingi acara vaksinasi ini hingga selesai. Sikap ini sebagai bukti cinta Wabup Cirebon kepada para bumil dan masyarakat Kab Cirebon.

PERIKSA – WABUP CIREBON, KADINKES, KETUA IBI CABANG CIREBON DAN KETUA IBI RANTING PABUARAN BERFOSE USAI MEMERIKSA PASIEN DI MOBIL LAYANAN GIZI INDOFOOD.

Selain itu tampak hadir pula Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kab Cirebon, Surtinah SST.,M.Kes, Kepala Puskesmas Pabuaran sekaligus Ketua IBI Ranting Ciledug, Hj. Endang Sugiati, SKM, Forkopimcam Pabuaran, Tenaga Kesehatan, dan tentunya para peserta yakni 120 ibu hamil yang sudah mendapat jadwal vaksinasi.

Kemeriahan namun tetap ketat prokes terlihat ketika Wabup Cirebon turun dari mobil dinasnya. Bu Ayu, sapaan akrab Wabup Cirebon ini langsung mendapat kalung bunga sebagai penyambutan dan penghormatan dari Ketua IBI Ranting Pabuaran dan IBI Cabang Kab Cirebon. Begitu juga dengan Kadinkes Kab Cirebon yang nyaris datang bersamaan. Tiba di lokasi acara mereka langsung disambut antusias para bumil yang sudah menunggu sejak pagi hari.

Kapus Pabuaran sekaligus Ketua IBI Ranting Ciledug dalam sambutannya menyampaikan laporan terkait capaian kinerja dalam pengendalian Covid di wilayah kerjanya sekaligus info vaksinasi covid di wilayah kerjanya. “Vaksinasi bumi di wilayah kerja IBI Ranting Ciledug di PMB Bidan Entat hari ini, sebanyak 120 orang dengan usia kehamilan 13 sampai 33 minggu,” ungkapnya.

Adapun untuk kasus covid di Kec Pabuaran hingga hari ini lanjut Endang, mencapai 318 kasus dengan pasien meninggal sebanyak 11 orang. “Dan alhamdulillah, per bulan Agustus terjadi penurunan yang signifikan. Sedangkan kegiatan vaksinasi ini sebagai bentuk Kepedulian IBI dalam membantu program pemerintah guna ikhtiar mengakhiri pandemi,” terang Kapus Pabuaran.

Adapun kadinkes dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kekompakan IBI Ranting Ciledug dalam upaya menanggulangi pandemi ini, khususnya dalam kegiatan vaksinasi bumil hari ini. Eni juga menyampaikan saat ini ada 11 ribu ibu hamil di Kab Cirebon yang menjadi fokus vaksinasi.

“Dari 11 ribu itu, yang jadi prioritas kami adalah bumil yang memiliki comorbid dan bumil yang obesitas (kegemukan). Kami apresiasi sekali PMB yang turut mensukseskan optimalisasi kegiatan vaksinasi, dimana ada 1,7 juta warga Kab Cirebon yang harus divaksin,” ujar kadinkes yang masa kecilnya tinggal di Pabuaran ini. 

Sementara itu, dalam sambutan dari Wabup Cirebon, Ia bercerita tentang pengalamannya pernah postif covid didepan para bumil. “Kuncinya dari pikiran. Jangan terlalu stres, makan yang cukup, tetap jaga perilaku hidup bersih sehat, dan olahraga ringan. Saat ini vaksinasi di Kab Cirebon sudah mencapai 27 persen dari target 70 persen capaian. Karena memang kuota vaksin ini belum bisa mengcover semuanya,” ungkap Wabup.

Ia juga menjelaskan kondisi status terkini covid 19 di Kabupaten Cirebon. “Saat ini kita sudah memasuki level tiga sehingga proses belajar tatap muka pun sudah mulai dilakukan. Tetap jaga prokes dan sukseskan vaksinasi, agar kita tidak kembali ke level empat,” imbau Wabup. Di akhir sambutannya acara jadi semakin meriah ketika Wabup memberikan kuis berhadiah kepada para ibu hamil. Acara dilanjutkan dengan menggunting pita pertanda kegiatan vaksinasi bumil dimulai.

Adapun bidan Entat Suryatika kepada JP menuturkan bahwa motivasinya tetap aktif di dunia kesehatan meski sudah purna tugas yakni karena ingin mengabdikan diri hingga akhir hayatnya. Bahkan usaha bidan berjiwa entrepreneur ini makin berkembang. Ada cafe O2 di areal halaman depan rumah juga baby spa didekat tempat prakteknya. Bahkan lokasi PMB tersebut dibilang wabup sebagai tempat yang asri dan sejuk, sehingga bisa mengurangi tingkat stress bagi ibu hamil yang menjelang persalinan.

Dari pantauan JP di lokasi, para ibu hamil tampak ceria mengikuti jalannya vaksinasi. Pihak penyelenggara juga sudah mengkonsep tempat dengan sangat baik dan nyaman. Lebih keren lagi acara vaksinasi tersebut bisa menggandeng sponsor yakni Indofood berikut dengan memfasilitasi kegiatan vaksinasi ini dengan mobil layanan gizi. Kegiatan ditutup dengan talkshow bersama JPNEXT TV (Jabar Publisher TV) yang ulasannya bisa disimak pada tautan dibawah ini. (jay/adi/adv)

Talkshow JPNEXT TV, Klik gambar diatas.

GALERI FOTO VAKSINASI BUMIL DI PMB BIDAN ENTAT SURYATIKA, PABUARAN – KAB CIREBON

TALKSHOW JP TERKAIT PROGRAM VAKSINASI BERSAMA WABUP, KADINKES DAN IBI
WABUP CIREBON MENGGUNTING PITA SEBAGAI SIMBOL DIMULAINYA ACARA VAKSINASI BUMIL
FOTO BERSAMA PARA NAKES BERSAMA WABUP CIREBON, KADINKES DAN IBI
BIDAN-BIDAN DI WILAYAH KERJA IBI RANTING CILEDUG TAMPAK SIAGA MENYAMBUT IBU HAMIL DAN PARA UNDANGAN
MOBIL LAYANAN GIZI BERIKUT SUPLEMEN BAGI IBU HAMIL DISIAPKAN INDOFOOD SEBAGAI MITRA DALAM ACARA VAKSINASI BUMIL DI KECAMATAN PABUARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*