Home » Bekasi » Sekda Kabupaten Bekasi Resmikan Pembukaan FORKAB II 2023

Sekda Kabupaten Bekasi Resmikan Pembukaan FORKAB II 2023

BEKASI – Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi resmikan pembukaan kegiatan Forkab (Festival Olahraga Masyarakat Kabupaten Bekasi) II 2023 yang diselenggarakan Kormi Kabupaten Bekasi di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Sabtu (21/10/2023) pagi.

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama kurang lebih 2 hari. Pada hari ini sampai besok bertempat di Stadion Wibawa Mukti yang kita cintai dan kita banggakan.

Dirinya juga menjelaskan, maksud dari kegiatan ini adalah membudayakan olahraga masyarakat dan Bekasi melalui inorga-inorganya yang berjumlah 28.

“Mudah-mudahan olahraga terus berkembang di Kabupaten Bekasi dan membugarkan masyarakat. Kemudian Bekasi bisa hidup sehat dengan olahraganya,” ucapnya.

Lalu yang kedua adalah, lanjut Iman, untuk meningkatkan prestasi olahraga atau penggiat olahraga Kabupaten Bekasi dalam rangka mempersiapkan Porprov.

“Tahun kemarin dalam penyelenggaraan Pornas. Kita dari Kabupaten Bekasi mengirimkan para penggiat olahraga membantu menyukseskan Jawa Barat menjadi juara Pornas. Untuk formasi Jawa Barat, Bekasi yang menjadikan juara Jawa Barat nasional dalam penyelenggaraan Pornas di provinsi penyelenggaran di Bandung Barat yang mana Jawa Barat menjadi juara nasional,” ujarnya.

Lalu yang kedua, lanjutnya, dengan membudayakan olahraga ini menjadikan. Tradisi menjadi prestasi. Tradisikan olahraga di masyarakat agar mereka.

“Saat berolahraga, Alhamdulillah di sini juga hadir para camat yang tentunya sering berinteraksi dengan masyarakat. Inilah inorganic warga yang ada di bawah permukaan Bekasi yang pada hari ini kita lihat sangat bergembira untuk mengikuti Festival Olahraga Masyarakat Kabupaten Bekasi tahun 2023,” ucapnya.

Iman menyebutkan, Inorga yang mengikuti Forkab II 2023 baru 11 Inorga (Induk Olahraga). “Mudah-mudahan di tahun depan bisa seluruhnya 28 Inorga dapat dipertandingkan,” harapnya.

Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Bekasi, dr. Asep Surya Atmaja menambahkan, Kabupaten Bekasi kemarin sudah menyumbangkan 38 medali di Pornas Jawa Barat, yang menghantarkan Jawa Barat menjadi juara umum Pornas.

Anak Usia 2-3 Tahun (Asosiasi BMX Indonesia) Ikut Meramaikan FORKAB II 2023. (Foto: Dok)

“Kabupaten Bekasi yang saya miliki baru satu tahun sudah meraih 14 emas dan yang lain-lainnya, pastinya 38 medali ke depannya. Dalam hal ini, Inorga yang ada di Kabupaten Bekasi, murni putra putri warga Bekasi.

“Kormi merupakan suatu organisasi olahraga yang saya lihat. Saya sebagai Ketua, baru setahun menjabat, saya betah. Semua itu ada olahraga masyarakat yang menjadikan satu tradisi. Kedepannya, tradisi menjadi sebuah prestasi itu yang akan kita kembangkan di Kabupaten Bekasi.

Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Bekasi, dr. Asep Surya Atmaja menambahkan, Kabupaten Bekasi kemarin sudah menyumbangkan 38 medali di Pornas Jawa Barat, yang menghantarkan Jawa Barat menjadi juara umum Pornas.

“Kabupaten Bekasi yang saya miliki baru satu tahun sudah meraih 14 emas dan yang lain-lainnya, pastinya 38 medali ke depannya. Dalam hal ini, Inorga yang ada di Kabupaten Bekasi, murni putra putri warga Bekasi.

“Kormi merupakan suatu organisasi olahraga yang saya lihat. Saya sebagai Ketua, baru setahun menjabat, saya betah. Semua itu ada olahraga masyarakat yang menjadikan satu tradisi. Kedepannya, tradisi menjadi sebuah prestasi itu yang akan kita kembangkan di Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Ketua KORMI Jawa Barat, Denda Alamsyah mengatakan, dirinya melihat ada peningkatan luar biasa di Forkab II ini.

“Saya melihat, pada Forkab kedua ini peningkatannya luar biasa. Waktu Forkab yang pertama, memang itu baru-baru. Dokter Asep pun baru satu tahun menjabat, saya pun baru 2 tahun dii Jabar. Memang tidak semeriah sekarang. Kita maklumi karena di awal-awal itu yang pertama. Tapi yang kedua, saya lihat ini peningkatannya luar biasa. Ini Forkab yang lumayan semarak. Semangat. Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih yang khusus kepada jajaran pemerintah Kabupaten Bekasi, terutama Disbudpora yang senantiasa men-support untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti ini,” ujar Denda.

Salah satu supportnya, lanjut Denda memaparkan, ketika Pornas juga, Kabupaten Bekasi bisa menyumbangkan beberapa medali. Bisa menyumbangkan beberapa emas, perak, perunggu yang menjadikan Jawa Barat juara umum dengan perolehan 169 medali emas dibanding Jawa Timur setengahnya dari kita.

“Jadi, salah satunya adalah kontribusi dari Kabupaten Bekasi ini kontribusi dari para pegiat olahraganya dari pemerintahnya. Walaupun kita di sini karena olahraga, olahraga rekreasi, olahraga masyarakat, para pegiatnya luar biasa. Tidak menuntut apa-apa. Para pegiatnya dengan senang hati mereka berlatih berlomba dan ada kebanggaan,” jelasnya.

Oleh karena itu, pada Forkab kali ini juga utamakan kegembiraan dan kebahagiaan. Karena itu intinya dari olahraga masyarakat. Kita harus terus melestarikan budaya, membudayakan olahraga. Kita punya target menuju Indonesia bugar di 2024-2025.

“Insya Allah, kalau pembudayaan olahraga dengan KONI Kabupaten Bekasi dibantu dengan support dari pemerintah Kabupaten Bekasi,” tutupnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedi Supriyadi mengatakan, ajang olahraga Kabupaten Bekasi kali ini mengusung tema ‘Ciptakan Kreasi dan Tingkatkan Prestasi Menuju Porprov dan Pornas’. Dalam hal ini mencerminkan semangat pemerintah Kabupaten Bekasi untuk membangun.

“Untuk membangun semangat kami, untuk mendorong para pegiat dan pelatih dalam mencapai prestasi yang lebih tinggi. Karena di tengah persaingan yang semakin ketat, inovasi dan kerja keras menjadi kunci kesuksesan. Ada sebanyak 11 cabang olahraga, yang mana 11 cabang induk olahraga yang akan diperlombakan dalam ajang Kabupaten Bekasi tahun 2023 ini,” ujar Dedi.

Karena menurutnya, di sini kita tidak hanya berkompetisi di bidang olahraga, tetapi juga dalam upaya meraih prestasi untuk mengharumkan nama Kabupaten Bekasi di tingkat provinsi melalui forum dan nasional melalui Pornas. Ini menjadi sebuah tantangan tersendiri yang memacu semangat.

“Dan saya yakin bahwa para pegiat-pegiat asal Kabupaten Bekasi memiliki bakat yang sangat luar biasa yang dapat mengambil peran penting dalam mencapai tujuan ini,” tukasnya.

“Kami pemerintah Kabupaten Bekasi, tentunya akan selalu mendukung dan memfasilitasi perkembangan olahraga di wilayah kita,” tambahnya.

Ini bukan hanya tentang menghasilkan atlet atau pegiat-pegiat yang hebat, lanjut Dedi, tetapi juga tentang bagaimana dalam membentuk karakter yang kuat dan menjaga kesehatan, kebugaran, kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat kita.

“Saya ingin melihat semangat kompetisi yang sehat, semangat persatuan dan semangat berkolaborasi dalam ajang kali ini serta menjunjung tinggi sportifitas dan etika dalam setiap pertandingan,” katanya.

“Semoga Forkab kedua tahun 2023 menjadi ajang kompetisi yang berprestasi. Memupuk persaudaraan dan menerima dan mengilhami untuk menciptakan masa depan yang lebih baik melalui olahraga,” pungkasnya. (Jar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*