Home » Cirebon » Dinkes Indramayu Support Penuh Penyehat Tradisional

Dinkes Indramayu Support Penuh Penyehat Tradisional

INDRAMAYU – Paguyuban Penyehat Tradisional Indramayu (PHATRI) berdiri sejak setahun lalu. Kantor sekretariatnya terletak di blok Cilet, Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, berdiri pada 4 Januari 2023 dan diprakarsai oleh H. Samsudin (Patulzam) dan Buang Surono Praktisi Bekam (PBI).

Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah terapis tradisional di klinik Arum Care (pusat perawatan luka diabetes) yang juga menjadi kantor sekretariat PHATRI sementara, mereka sepakat menunjuk (memilih) Ichwan Mustofa Luqfi A.md, sebagai Ketua PHATRI.

Kadinkes Indramayu melalui Kabid Yankes Dr. Hj. Titin prihatini MH menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas dibentuknya suatu paguyuban penyehat tradisional, karena langkah ini memudahkan pihak Dinkes untuk mendata keberadaan terapis terapis tradisional yg berada di wilayahnya.

Pihak Dinkes juga sudah beberapa kali mengadakan koordinasi dan konsolidasi juga pembinaan bagi terapis, agar dalam melaksanakan kegiatan dan aktivitasnya para terapis harus melaksanakan standar operasional pelaksanaan (SOP),memiliki legalitas yang sah juga mengedepankan pelayanan yang ramah.

Pihaknya juga memberikan kemudahan dalam proses pembuatan surat terdaftar penyehat tradisional ( STPT). Dalam setahun pihaknya sudah mengeluarkan rekom sebanyak 39 bagi terapis yg mengajukan pembuatan STPT.

Disampaikan pula oleh Ketua PHATRI Ichwan Moestofa Luqfi Am.d, bahwa, anggota terapis yg ada di wilayah Indramayu wajib memiliki legalitas,agar dalam beraktivitas, dan melayani para klienya tidak diragukan oleh pengguna jasa terapi,senada juga disampaikan oleh pembina PHATRI H.Samsudin, bahwa memiliki surat izin dari dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan, agar secara hukum para terapis tidak melanggar UU dan peraturan pemerintah.

Kadis DPMPTSP Indramayu DR. Ahmad Syadali M.ED melalui H.Ruslani Msi Subkoor Analis kebijakan ahli muda subsi verifikasi perizinan menyampaikan pihaknya memberi kesempatan para terapis segera mengajukan pembuatan STPT,dan beliau berjanji dalam kurang 3 hari, STPT akan segera terbit.

Dengan mengucap syukur Alhamdulillah,semoga para terapis dan PHATRI akan maju dan berkembang di Indramayu khususnya, dan bisa menjadi mitra Dinas kesehatan dalam melayani kesehatan masyarakat Indramayu.
Ketua PHATRI menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang telah memberikan kemudahan dalam proses pembuatan STPT untuk kemajuan terapis. (rlz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*