Home » Nasional » Menteri Susi akan Jual 15 Pulau ke Investor Asing?

Menteri Susi akan Jual 15 Pulau ke Investor Asing?

JAKARTA – Isu terkait rencana penjualan 15 pulau ke investor asing kian merebak. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dituding merupakan orang yang berperan dalam kasus tersebut.

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) memaparkan, dalam program Ditjen Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan, akan memfasilitasi 15 pulau di Indonesia bagian timur. Menurut KIARA fasilitasi tersebut berarti membiarkan pulau itu dikelola dan dikuasai asing.

“Ada 15 pulau difasilitasi pembangunannya. 15 pulau ini mau dijual ke investor asing tahun 2015,” ujar Sekjen Kiara Abdul Halim di Jakarta, kemarin.

Proses penjualan pulau sendiri, kata Abdul, sudah terjadi di wilayah NTB, yang mengakibatkan penduduknya harus pergi dari rumahnya, lantaran ada investor asing sudah membeli sebagian tanah untuk dijadikan hotel bagi turis yang akan datang di wilayah tersebut.

“Terjadi di NTB 115 keluarga terpaksa diusir karena pulau mereka ingin dimasuki investor asal Singapura, PT Blue Ocean Resort,” jelas Abdul.

Abdul pun menyayangkan sikap Menteri Susi yang tidak memperhatikan hal tersebut. Karena program fasilitasi pulau tersebut terus berjalan tanpa memperhatikan pelaksanaannya. “Bu Susi tidak memperhatikankan pendahulunya, tetap mencantumkan 15 pulau dengan menyebut programnya memfasilitas pembangunannya,” kata Abdul. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*