Home » Bekasi » Spesialis Pembuat Bank Garansi Dibekuk Polisi

Spesialis Pembuat Bank Garansi Dibekuk Polisi

BEKASI – Polres Metro Bekasi ungkap pelaku penipuan yang menawarkan jasa pembuatan Bank Garansi melalui website dengan nama perusahaan PT Mitra Jasa Garansindo.

“Pelaku bernisial BP selain membuat website juga membuat iklan yang serupa dan dikirimkan melalui email dan fax,” kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Candra Sukma Kumara, di lobby Mapolrestro Bekasi, Jum’at (15/12/2017) sore.

Setelah bank garansi dibuat, lanjutnya, pelaku juga meminta bayaran terkait jasa pembuatan bank garansi yang diminta oleh salah satu perusahaan dikawasan industi Cikarang. “Setelah di cek oleh pelapor AM, nomor register bank garansi tersebut tidak pernah terdaftar di bank yang mengeluarkan Bank Garansi tersebut,” ucapnya.

Korban mengalami total kerugian sebesar Rp141 juta rupiah. Dari hasil penangkapan didapatkan barang bukti 1 unit PC, printer, modem, kalkulator, stempel, 1 lembar surat penawaran bank garansi, 1 bendel surat permohonan dari beberapa perusahaan, 1 bundel profil perusahaan PT Mitra Jasa Garansindo, 1 bundel blanko kosong, 3 buah kartu ATM, 2 buah buku rekening, 3 unit handphone dan uang senilai Rp39 juta.

Sementara pelaku BP mengatakan, ia pernah bekerja di salah satu perusahaan asuransi selama 7 tahun dan hasil kejahatanya digunakan untuk berfoya-foya.

Atas perbuatannya pelaku dikenakan pasal 28 ayat 1 Jo pasal 45 A ayat 1 UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang transaksi dan informasi elekrtonik dengan hukuman paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp1 miliar. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*