Home » Cirebon » Dihadiri Arman Depari, Seminar Nasional P4GN Bakornas GMDM Di Cirebon Sukses

Dihadiri Arman Depari, Seminar Nasional P4GN Bakornas GMDM Di Cirebon Sukses

CIREBON – Aktivis Anti Narkoba yang tergabung dalam Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) Garda Mencegah Dan Mengobati (GMDM) DPW Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Kabupaten Cirebon menjadi Tuan Rumah penyelenggaraan acara seminar nasional “pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

SUASANA SAAT MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA SEBELUM ACARA SEMINAR DIGELAR

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) dan memperingati HUT RI ke 77. Acara dipusatkan di Convension Hall Univeritas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Sumber, Kab Cirebon, Sabtu (20/8/2022) pukul 13.00 – 1600. Dari pantauan JP, rangkaian acara demi acara terselenggara sukses dan tanpa hambatan yang berarti. 

Agenda ini dihadiri oleh sejumlah narsum keren antara lain Iren Pol. (Purn) Drs. Arman Depari (Mantan Deputi Pemberatasan BNN RI) yang kini menjabat sebagai Ketua Umum GMDM dan Brigien Pol. (Purn) dr. Viktor Pudijiadi, SpB., FICS., DFM. (Mantan Staff Ahli BNN RI), dan Rektor UMC Kampus II Arif Nurudin, ST, M.T. Kontan adanya ketiga narsum hebat ini disambut antusias puluhan anggota GMDM se-Jabar dan ratusan mahasiswa di Kampus UMC.

Bersamaan dengan acara tersebut GMDM juga melantik dan mengambil sumpah pengurus baru yakni IPWL Bakorbas GMDM Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat. Pelantikan dihelat langsung oleh Arman Depari dan berlangsung hidmat. Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan seminar nasional yang diisi dengan tempa P4GN bagi mahasiswa dan masyarakat umum.

Ketua Umum GMDM Arman Depari mengungkapkan bahwa untuk mencegah dan menekan angka peredaran narkoba, perlu dilakukan sinergitas antara BNN dan para civitas academica dan masyarakat luas. “Jumlah pengguna narkoba melonjak, apalagi masa pandemi. Peran aktif dari semua pihak sangat dibutuhkan, termasuk pemberantasan yang harus tegas dari hulu hingga hilir. Terhitung 30-40 orang meninggal dunia setiap harinya akibat narkoba,” ulas Arman Depari.

Sementara itu, Brigjen Pol Purn Viktor Pudijiadi menyampaikan materi dengan cara yang menarik yakni dengan diselingi Sulap dan sejumlah grafis yang mendukung terkait upaya pencegahan serta penjelasan tentang bahaya narkoba. Alhasil, peserta seminar semakin antusias mengikuti acara tersebut karena dihadirkan dengan contoh langsung, yaitu ketika salah seorang mahasiswa diminta maju ke depan untuk dihipnotis. “Beginilah bahayanya ketika narkoba sudah merasuki otak manusia sama seperti ketika seseorang di hipnotis. Dia tak bisa lagi berfikir dengan akal sehat bahkan untuk membaca pun bingung,” tegas Viktor.

Sementara itu, Ketua DPW IPWL GMDM Kab Cirebon Muhammad Soleh, S.H.. M.H. alias Cak Soleh menjelaskan upaya P4GN di wilayah Kota dan Kab Cirebon selama ini cukup terkendala karena minimnya dukungan Pemda setempat terkait program kerja GMDM di tingkat lokal.

“Kendalanya selama ini adalah kurangnya membangun komunikasi dengan pejabat terkait di wilayah pemerintah di kota maupun Kab serta stakeholder terkait. Karena kalau kita mau turun ke bawah harus ada MoU terlebih dahulu,” ujarnya seraya menyampaikan upaya P4GN yang paling efektif adalah dengan memaksimalkan program unggulan di wilayah pendidikan formal maupun non formal. (jay/adi)

Simak ulasan lengkap acara ini di JPNEXT TV, Klik gambar dibawah ini:

GALERI FOTO SEMINAR NASIONAL BAKORNAS GMDM DI CIREBON

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*