Home » Cirebon » DLH Kabupaten Cirebon Fokus Bersihkan Sampah Liar

DLH Kabupaten Cirebon Fokus Bersihkan Sampah Liar

CIREBON – Gunungan sampah liar di ex terminal Weru samping pasar darurat Pasar Pasalaran Weru mulai ditertibkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Selasa (17/1/2017) pagi tadi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Hermawan melalui Kabid Kebersihan dan Pertamanan kabupaten Cirebon, Dedi Sudarman mengatakan, mengingat jarak tempuh pembuangan sampah dari Weru sampai TPA Ciledug memakan waktu hingga berjam-jam. Sehingga, penertiban sampah tidak akan tuntas dalam sehari. “Hari ini kita kerajaan 20 mobil dump truck untuk mengangkut sampah ke TPA Ciledug,” kata Dedi.

Mengingat jangkauan jarak menuju TPA Cildeug sangat jauh tidak menutup kemungkinan dalam pembuangan sampah liar di ex terminal weru ini, dibagi menjadi dua lokasi. Yang pertama di TPA Ciledug, dan yang kedua di tanah tak bertuan di samping tumpukan sampah. “Tekhnisnya kalau sampai sampah itu tidak terbuang semua maka alternatif kita ialah tanah samping pasar darurat tersebut kita gali dulu, kemudian kita urug lagi dengan tanah,” jelasnya.

Dijelaskannya, menggunungnya tumpukan sampah ini bersumber dari masyarakat sekitar. Artinya, bukan diakibatkan dari pedagang saja. Sebab, TPS untuk pedagang pasar sudah disediakan, dan dari pantauan dilapangan TPS itu masih banyak yang kosong. “Kita harap, pasca ditertibkannya sampah dari ujung jalan pantura sampai belakang uji Kir Dinas Perhubungan, seluruh elemen masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, termasuk pedagang, pemerintah desa, seluruh dan steakholder yang ada,” harapnya. Artinya, kata Dedi, persoalan sampah merupakan tanggungjawab bersama. Bukan dilimpahkan pada Dinas Lingkungan Hidup saja. “Kalau masalah sampah dilimpahkan kita semua tentunya sangat berat,” ucapnya. (gfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*