Home » Bandung » Agenda “Bandung Sejuta Bunga” Minim Dukungan Pemkot

Agenda “Bandung Sejuta Bunga” Minim Dukungan Pemkot

BANDUNG – Pameran Lukisan Bandung Sejuta Bunga sukses diselenggarakan akhir Februari lalu (24-25) di Teras Cikapundung, Jl. Ir. Sukarno-Bandung selama dua hari dengan jumlah peserta sebanyak 246 pelukis baik pemula maupun profesional dari sejumlah wilayah nusantara seperti Jakarta, Solo, Jogjakarta dan beberapa seniman lukis Jawa Barat serta diikuti pula oleh beberapa pelukis mancanegara seperti Norwegia, Jepang, Hongkong dan Belanda.

Ternyata, panitia penyelenggara mengakui masih adanya beberapa kendala dan minimnya dukungan pemerintah kota Bandung melalui instansi terkait sehingga berdampak pada kurang maksimalnya pelaksanaan dan hasil dari pameran lukisan ruang terbuka (outdoor) yang bertajuk Bandung Sejuta Bunga.

Hal ini dikatakan oleh Ketua panitia penyelenggara Heru Prayoga mengakui bahwa secara umum pameran memang sukses diselenggarakan dan berhasil melibatkan pelukis dari berbagai wilayah nusantara hingga mancanegara dalam satu event, namun masih banyak menemukan beberapa kendala dalam pelaksanaanya. “Alhamdulillah acara ini berjalan lancar meski selama pelaksanaan banyak diguyur hujan”, ujar Heru ketika ditemui seusai acara beberapa hari lalu.

Lanjut Heru, walaupun selama pelaksanaan intensitas hujan di Bandung sangat tinggi sehingga menjadi faktor yang mempengaruhi hasil pameran, faktor lain yang menyebabkan kurang maksimalnya hasil dari pameran tersebut adalah kurangnya dukungan dari Pemerintah kota Bandung yang dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Budaya.

Menurut Heru, Disparbud kota Bandung kurang mendukung kegiatan seperti ini, padahal pameran ini dapat dijadikan salah satu kegiatan rutin tahunan guna mendongkrak pariwisata kota Bandung didalam event skala nasional sebagai dukungan terhadap Industri MICE, selain itu juga meningkatkan dan mengangkat karya seni dan pelaku seni khususnya seniman asal Bandung. Namun Heru mengaku tak akan berhenti melakukan kegiatan pameran seperti ini meski dilakukan dan didanai secara mandiri karena minimnya dukungan dari pemerintahan kota Bandung. “Saya¬†melakukan ini semata mata untuk memacu para penggiat seni dan memberikan wadah bagi pelaku seni lukis dalam mempromosikan dan mempublikasikan hasil karyanya. Jangankan dukungan materi, bentuk apresiasi yang lain saja tidak,” Heru.

Pameran lukisan Bandung Sejuta Bunga dibuka secara resmi oleh Istri Walikota Bandung Atalia Kamil yang didampingi salah satu Kabid Disparbud Kota Bandung dengan menyaksikan secara langsung performer utama pelukis Tedy Suchyar dan Asep Berlian, turut dihadiri pula oleh Ketua Kadin Jabar Suryamal, Acil Bimbo serta para seniman budaya Sunda lainnya. (cuy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*