Home » Cirebon » Disarpus Gelar Pesta Buku Murah Gramedia

Disarpus Gelar Pesta Buku Murah Gramedia

INDRAMAYU – Dengan jumlah penduduk sekitar 1,8 juta jiwa dan 317 desa/kelurahan saat ini di Kabupaten Indramayu hanya 6 orang dari setiap desa/kelurahan yang memiliki minat baca.  Rendahnya minat baca ini mendorong Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu untuk terus melakukan terobosan dan inovasi salah satunya adalah dengan menggelar Pesta Buku Murah Gramedia.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu, Wawang Irawan menjelaskan, Pesta Buku Murah Gramedia ini dilaksanakan sampai dengan tanggal 14 Mei 2017 mendatang. Berbagai buku yang di publish oleh Gramedia dijual secara murah mulai dari harga Rp 10.000 dan digelar di halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu.

Wawang menambahkan, Pesta Buku Murah Gramedia ini digelar setiap tahun sebagai upaya untuk terus menumbuhkan minat baca masyarakat Indramayu yang masih jauh dari harapan. “Pesta Buku Murah Gramedia ini kita gelar setiap tahun, respon masyarakat sangat bagus karena mereka disediakan buku murah dengan kualitas baik dan tidak harus pergi jauh. Kita berharap ini bisa mendongkrak minat baca masyarakat Indramayu,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Indramayu, H. Supendi menjelaskan, untuk menggelorakan semangat gemar membaca untuk semua lapisan masyarakat maka semua kantor/dinas/sekolah setelah mengaji Al-Qur’an 15 menit harus ditambah membaca buku 15 menit setiap hari. Para pelajar membaca buku non pelajaran dan bagi pegawai bisa membaca buku umum ataupun literasi perundang-undangan sehingga terbuka wawasannya.

“Semua SKPD, kecamatan, dan desa harus terus mengembangkan pengelolaan perpustakaan. Sementara untuk desa/kelurahan untuk menyisihkan ADD untuk pengelolaan pengembangan perpustakaan dan mengajak masyarakat untuk membaca di perpustakaan desa,” tegas wabup.

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah dukungan dari para orang tua dengan memberikan bimbingan kepada anak-anaknya agar dibiasakan membaca sendiri. Orang tua harus memberikan contoh kepada anaknya dengan memberikan waktu, tempat, untuk sama-sama membaca dengan anggota keluarga lainnya.

“Gerbang Maca ini akan menjadi rumah besar seluruh kegiatan bersama pemerintah beserta semua stakeholder yang berkaitan dengan literasi. Semua pihak harus mendukungnya, karena bertugas di perpustakaan sangat berat karena memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan anak bangsa,” tegas wabup. (den/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*