Home » Tasikmalaya » Gerbang Tasik » Longsor Tebing Setinggi 20 Meter di Tasik Lumpuhkan Jalan

Longsor Tebing Setinggi 20 Meter di Tasik Lumpuhkan Jalan

Longsor Tebing Setinggi 20 Meter di Tasik Lumpuhkan Jalan

TASIK – Akibat diguyur hujan, sebuah tebing di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasik mengalami longsor yang menimbun jalan. Meski tidak ada korban, namun akibat peristiwa ini warga di tujuh desa terisolir karena akses jalan tidak bisa dilalui.

Tebing setinggi kurang lebih 20 meter dengan lebar 20 meter yang berada di Kampung Male-Er Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (26/9/2017) dini hari tadi.

Tumpukan material longsor menutupi seluruh badan jalan. Petugas kepolisian bersama BPBD Kabupaten Tasik, dibantu warga hingga Selasa siang masih bergotong-royong mengevakuasi material longsoran tanah dan ranting pohon dilokasi longsor tersebut.

Menurut salah seorang warga setempat, Imas (33) saat hendak beraktifitas terpaksa ia harus memutar arah menggunakan jalan alternatif. “Yang jaraknya cukup jauh dengan menyusuri bukit,” ujarnya kepada jabarpublisher.com.

Kapolsek Cigalontang, Iptu Tudiman mengatakan, proses evakuasi dilakukan secara manual sambil menunggu kedatangan alat berat. “Kondisi tanah yang labil setelah diguyur hujan serta area longsor yang berada di daerah perbukitan diduga menjadi pemicu terjadinya longsor,” paparnya.

Kecamatan Cigalontang, merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Tasikmalaya, yang diwaspadai sebagai daerah rawan longsor. (and)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*