Home » Cirebon » Ini Langkah Strategis Kuwu Halwani Wujudkan Waled Desa yang Mandiri, Sejahtera & Agamis

Ini Langkah Strategis Kuwu Halwani Wujudkan Waled Desa yang Mandiri, Sejahtera & Agamis


CIREBON – Kuwu terpilih Desa Waled Desa, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Moh. Halwani, dalam kepemimpinannya, selama 6 Tahun kedepan, memiliki visi dan misi menjadikan Desa Waleddesa yang Mandiri, Sejahtera dan Agamis.

Moh Halwani – Kuwu Waled Desa

Cita-cita luhur itulah yang membuatnya mantap untuk maju mencalonkan diri sebagai Kuwu Waleddesa pada Pilwu serentak tahun 2019 lalu.

Saat diwawancarai JP di ruang kerjanya, Jum’at (10/1/2020), Moh. Halwani mengatakan, bahwa Ia ingin memajukan Waleddesa dalam wadah kebersamaan. “Saya pribadi sudah merangkul semua pihak dan mengajak kepada semuanya, untuk bersama-sama membangun Desa Waleddesa tercinta ini, bahwa kita ini satu, kita warga Desa Waleddesa, ayo kita jadikan Desa kita lebih maju, mandiri dan sejahtera,” ujar Halwani.

Kuwu yang usianya relatif masih muda ini menyampaikan, untuk tahun pertama masa jabatannya, dia akan menyelesaikan pengaspalan jalan Desa dan gang-gang, pembangunan rutilahu, memajukan usaha bumdes, juga memberdayakan masyarakat di bidang ternak dan pertanian.

“Untuk tahun pertama dalam bidang infrastuktur saya akan menyelesaikan pengaspalan seperti jalan desa yang kurang lebih 100 meter lagi belum diaspal, sama gang-gang yang akan dilapisi beton, terus dalam satu tahun kita punya target membangun 10 rutilahu, karena masih banyak rutilahu yang belum dibangun,” terangnya.

Ia menegaskan, terkait rutilahu Ia akan mengajukan ke Dinas PUPR dan Dinsos. Selain dari Dana Desa, di bidang pemberdayaan masyarakat Halwani bertekad memajukan bumdes, membentuk kelompok peternak dan kelompok tani, memperhatikan honorarium untuk guru ngaji, imam musholla, dan puskesos, dan sejumlah program unggulan lainnya.

Siap memajukan desa dalam wujud kebersamaan

Selanjutnya Halwani juga menambahkan, pemdes Waleddesa juga kedepan akan membuat tugu perbatasan antara Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Tak hanya itu, Pemdes juga sudah bekerja sama dengan Desa Waled Asem untuk membangun tempat wisata. Terakhir Kuwu Halwani juga akan menyelesaikan pembangunan kantor desa.

“Waleddesa ini desa perbatasan antara Kab Cirebon dan Kab Kuningan, jadi kita akan bangun tugu perbatasan dan kita coba ajukan untuk masalah anggarannya. Selain itu kita akan kerjasama dengan Desa Waled Asem membuat tempat wisata, dengan memaksimalkan Azimut. Karena Azimut kan tanahnya punya Waled Asem yang bersebelahan dengan Waled Desa, jadi tanah desa kita bisa dibuat ruko atau tempat jualan dan lahan parkir yang dikelola oleh bumdes,” paparnya.

Terkait finishing pembangunan kantor desa yang kini ditinggikan menjadi dua lantai Kuwu Waleddesa akan fokus menyelesaikan pembangunan kantor pada bagian atas. “Itu juga salah satu PR buat kita, dan dalam setiap rapat atau pertemuan seperti musdus, musdes, atau musrembangdes, dan yang lainya akan selalu melibatkan semua pihak agar semuanya bisa berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” pungkasnya. (adi)

Grafis Tugu Perbatasan Kab Cirebon Kuningan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*