Home » Bandung » Hebat! SD Lab Percontohan UPI Cibiru Gelar Training Motivasi ‘ESQ For Kids’

Hebat! SD Lab Percontohan UPI Cibiru Gelar Training Motivasi ‘ESQ For Kids’

BANDUNG – SD Laboratorium Percontohan atau dikenal dengan SD Lab School UPI Kampus Cibiru, Bandung, menyelenggarakan kegiatan tahunan training motovasi Emotional Spiritual Quotient (ESQ) FOR KIDS dengan tema “Mengenal Diri Melejitkan Potensi”. Pelatihan ESQ tahun ini diikuti oleh program kelas unggulan CIBI (Cerdas Istimewa – Berbakat Istimewa) di Hotel Shakti Bandung, Selasa (10/3/2020).

PEMATERI – Beberapa pemateri yang sudah tak diragukan lagi jam terbangnya mengisi kegiatan dengan aneka permainan menarik dan edukatif.

Para peserta yang mengikuti even ini merupakan siswa-siswi terpilih dengan IQ diatas rata-rata. Pada sesi pembukaan acara, kegiatan dihadiri oleh Dra. Enok Jubaedah, M.Ag (Kepala Sekolah), Haeruman, S.Pd. (Wakasek Kurikulum), dan Arief Juliansyah S.Pd.(Wakasek Kesiswaan).

Kepala Sekolah SD Labschool UPI Kampus Cibiru Dra. Enok Jubaedah, M.Ag. menyampaikan bahwa seluruh siswa harus mampu mengenal potensi dirinya semaksimal mungkin. “Terlebih para siswa di kelas CIBI ini merupakan siswa-siswa yang memiliki dasar kemampuan yang sangat luar biasa,” kata Enok.

Salah satu wali kelas program Kelas CIBI Sukmawati, S.Pd.,Gr. menambahkan bahwa pada dasarnya semua anak terlahir unik dan tentunya perlu mendapatkan bimbingan yang unik pula. “Setiap anak memiliki modal dasar yang harus dikembangkan dengan baik dalam berbagai kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual agar kemampuannya dapat muncul dan dikembangkan dengan maksimal, baik itu dari sisi akademis maupun non akademis,” terangnya.

Sedangkan Sri Yuliani, S.Pd., Wali kelas CI-BI lainnya menyampaikan bahwa anak-anak CIBI merupakan salah satu diantara anak-anak istimewa lainnya. “Anak yang cerdas dan pintar bukan karena iya terus-terusan diporsir untuk belajar, tetapi mereka yang mampu mengambil sebuah pelajaran dari kegiatan yang dilakukannya di dunia luar. Sama halnya dengan anak CI-BI ini, mereka mempunyai keistimewaan tersendiri dimana mereka tidak hanya harus mengenal diri mereka sendiri tetapi juga harus bisa dan mempu melejitkan potensi untuk meraih berbagai prestasi,” ulas Sri Yuliani.

Acara ESQ kali ini dipandu oleh Ustad Acep Taufik Ismail S.Pd yang merupakan salah satu motivator pada Training ESQ. Rangkaian acara dimulai setelah pembukaan oleh Kepala Sekolah SD Laboratorium UPI Kampus Cibiru, dimulai dengan menghangatkan suasana yang dipimpin oleh Kang Ikhsan. Pada sesi itu, anak-anak diajak untuk melakukan berbagai kegiatan seperti ice breaking, menjawab pertanyaan, sampai anak-anak benar-benar siap mengikuti semua rangkaian kegiatan.

PESERTAPara peserta yang berasal dari Kelas CIBI SD Lab Percontohan UPI Cibiru saat berfoto bersama usai acara.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi dari pemateri. Sesuai dengan tema yang diusung, pemateri mulai mengajak anak-anak mengenal siapa diri mereka. Pemateri meminta siswa menjelaskan seperti apa diri mereka melalui gambar yang ada dalam pikiran mereka dan pemateri meminta siswa untuk menuangkan gambarannya dalam secarik kertas. Mengagumkan sekali ternyata mereka mampu menuangkan siapa diri mereka melalui gambar pada secarik kertas. Selanjutnya, pemateri mengajak anak-anak untuk melakukan permainan dimana para siswa diminta bersungguh-sungguh dalam melakukannya.

Pemateri mengajak anak-anak untuk bermain tukar angka secara lisan. Tawa riang dan rasa penasaran muncul saat permainan berlangsung. Rasa penasaran muncul karena hampir semua anak tidak bisa mengalahkan pemateri dalam permainan tersebut, sampai ada satu anak yang menemukan kunci bagaimana memenangkan permainan tersebut. Pemateri meminta anak tersebut untuk menjelaskan kunci bagaimana harus jadi pemang. Ternyata, kunci dari permainan tersebut adalah ”Kesungguhan, keberanian, dan jangan takut terhadap lawan.”

Ternyata permainan tersebut merupakan salah satu materi yang memang harus disampaikan kepada para peserta. Pemateri menjelaskan bahwa jika potensi yang sudah ada pada diri anak-anak tidak dibarengi dengan kesungguhan, keberanian, maka hal itu tidak akan membawa mereka untuk meraih kesuksesan.

Pemberian materi juga sering diselingi dengan film dan video yang menyentuh hati. Setelah dirasa cukup untuk memotivasi, pemateri meminta semua anak untuk merenungkan hal-hal yang harus mereka lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dimuali dari saat ini, dengan diawali meminta maaf pada orang tua dan berjanji pada diri sendiri untuk selalu melakukan hal baik. Kegiatan pelatihan motivasi ESQ yang berakhir pada pukul 12 siang itu, jelas memberikan kesan luar biasa kepada para peserta. (rls/upi)

ESQSelain diisi kegiatan yang inovatif, pelatihan ESQ ini juga berlangsung penuh haru sehingga memberi kesan mendalam kepada semua pesertanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*