Home » Bandung » 500 Siswa SMPN 1 Babakan Divaksin Covid-19, Kepsek: Kami Siap PTM
PANTAU - KEPSEK SMPN 1 BABAKAN BERSAMA KOMITE MEMANTAU JALANNYA VAKSINASI DI SEKOLAH.

500 Siswa SMPN 1 Babakan Divaksin Covid-19, Kepsek: Kami Siap PTM

CIREBON – Sebanyak 500 siswa/siswi SMP Negeri 1 Babakan, Kab Cirebon, menjalani vaksinasi Covid-19, Jumat (10/9/2021) di sekolah.  Vaksinasi tersebut terealisasi atas kerja sama sekolah dengan Dinas Kesehatan Kab Cirebon dalam hal ini UPTD Puskesmas Babakan. Kepala sekolah SMP Negeri 1 Babakan, Nurwahid S.Pd mengatakan bahwa info adanya kegaitan vaksinasi yakni pada Rabu (8/9/2021).

DISKUSI – KEPSEK SMPN 1 BABAKAN, NURWAHID (KIRI) SAAT BERDISKUSI DENGAN JAJARAN KOMITE TERKAIT PERSIAPAN PTM DAN PROGRAM SEKOLAH.

“Selanjutnya kami berkoordinasi dengan para guru untuk membuatkan surat pernyataan orang tua siswa bersedia/tidak bersedia divaksin. Kegiatan vaksinasi siswa ini, lanjut Nurwahid diprioritaskan bagi siswa kelas 9.  Meski persiapan vaksinasi ini terbilang mendesak, namun pihak sekolah bisa mengantisipasi dengan baik. Hal ini tidak lepas dari kekompakan dari para guru/wali kelas dalam mensosialisasikan kegiatan vaksinasi ini.

Ditanya soal kesiapan SMPN 1 Babakan untuk pembelajaran tatap muka (PTM), Nurwahid menjelaskan bahwa sekolah yang dipimpinnya tersebut sudah siap. Bahkan rencananya Senin (13/9/2021), Satgas Covid Kecamatan Babakan akan melakukan monitoring terkait kesiapan rencana PTM di SMPN 1 Babakan. 

“Insya Allah kami siap melaksanakan pembelajaran tatap muka, sarana dan prasarana protokol kesehatan juga sudah disiapkan jauh jauh hari. Terlebih berdasarkan surat Edaran terakhir dari Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati, bahwa sekolah sudah diperbolehkan melakukan PTM dengan ketentuan agar mematuhi prokes,” katanya.

Menurut Kepsek SMPN 1 Babakan, PTM mutlak harus dilakukan. Karena sekolah bukan hanya wadah untuk mencari ilmu saja melainkan pembentukan karakter anak. “Selain kerinduan guru terhadap murid atau murid terhadap guru mereka, karakter pendidikan hanya bisa dibentuk dengan dilakukan belajar tatap muka. Mungkin kalau hanya ingin tahu ilmunya saja, bisa kita cari kursus atau buka google. Dan di sisi lain sejauh ini saya belum menemukan cluster covid di sekolah, ini membuktikan bahwa secara logika pandemi bahwa sekolah lebih aman untuk melakukan kegiatan PTM. Yang penting kita laksanakan tatap muka dengan prokes ketat,” jelas Nurwahid.

Sementara itu, dari Pantuan JP di lokasi vaksinasi tampak berlangsung tertib. Kepsek bersama jajaran Komite SMPN 1 Babakan memantau langsung jalannya vaksinasi. Para siswa yang hendak divaksin sebelumnya membawa berkas untuk kemudian didaftarkan, dilakukan screening, jika kondisinya layak maka langsung disuntik vaksin covid-19. Sementara itu, menurut penuturan petugas (vaksinator) sejak pelaksanaan vaksinasi dari pagi hari hingga siang semua siswa mengikuti vaksinasi dengan baik. “Tidak ada yang histeris atau ketakutan saat disuntik,” ungkapnya. Hebatnya lagi, sertifikat vaksin juga bisa langsung dicetak di hari yang sama. (jay)

TALKSHOW – Pagi harinya, Kepsek SMPN 1 Babakan juga menghadiri Talkshow di stasiun tv lokal Cirebon mewakili Disdik Kab Cirebon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*