Home » Tasikmalaya » Garut » Gempa Tasik Tak Akan Berdampak Pada Gelombang Air Laut, Masyarakat Diminta Tenang

Gempa Tasik Tak Akan Berdampak Pada Gelombang Air Laut, Masyarakat Diminta Tenang

TASIK – Gempa Tasikmalaya telah terjadi pada Senin, 24 April 2017 sekitar pukul 1.00 dini hari. Guncangan memiliki kekuatan sebesar 5,4 skala richter. Informasi yang didapat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika guncangan terjadi pada tengah malam. Dan terletak di 58 Km barat daya dari Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.Sementara kedalaman gempa sendiri berada di jarak 13 Km di bawah laut di sekitar kabupaten. Gempa dengan magnitudo 5.4 itu terjadi ri 8.10 Lintang Selatan dan 107.86 Bujur Timur. Dari akun resmi milik BMKG dijelaskan jika gempa Tasikmalaya tak akan berdampak pada gelombang air laut. Sehingga masyarakat diminta untuk tetap tenang dan memantau hasil resmi.

Gempa yang berada di kedalaman menengah itu dapat dirasakan sampai ke kota dan kabupatan sekitarnya. Bahkan wilayah Ciamis, Pangandaran, Bandung dan Garut juga terkena dampak guncangan. Selain itu Bogor juga disebut terkena dampak guncangan di kawasan Tasikmalaya itu. Wilayah Periangan Timur ikut merasakan adanya gempa yang terjadi.

Akibat gempa sendiri sejumlah warga yang tengah terlelap tidur akhirnya terbangun. Warga sempat kaget dengan guncangan yang telah terjadi karena cukup keras. Warga berhamburan keluar rumah untuk menghindari hal yang lebih buruk, dari gempa malam tadi. Mereka nampak mencari informasi mengenai adanya gempa susulan yang akan terjadi.

Selain itu warga di wilayah Sukabumi yang ikut merasakan guncangan juga sempat keluar rumah. Warga berhamburan karena guncangan yang dirasakan cukup besar. Seorang warga mengatakan dari gempa Tasikmalaya itu lemari, televisi dan dinding bergetar dengan kuat. Bahkan kaca jendela mengeluarkan bunyi keras karena gempa yang terjadi.

Akan tetapi gempa tersebut tak merusakkan rumahnya karena hanya berlangsung singkat. Sementara di lokasi lainnya belum diketahui informasi lebih lanjut soal dampak yang ditimbulkan. Untuk korban jiwa sendiri juga belum diketahui apakah ada atau belum. (dbs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.