Home » Cirebon » DPRD Kab Cirebon Fokus Tangani Banjir & Sampah

DPRD Kab Cirebon Fokus Tangani Banjir & Sampah

CIREBON – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, H Moh Luthfi, menyatakan, ke depan pihaknya akan tetap memfokuskan penyelesaian beberapa agenda strategis diantaranya penanganan banjir dan sampah di Kab Cirebon.

“Yang pertama sudah pasti soal sampah dan banjir. Kita ingin memastikan desain kebijakan penganggaran budgeting tahun 2022, 2023, dan 2024. Afirmasi terhadap penyelesaian sampah dan banjir. Kita akan supervisi penuh, program-program temen-temen di dinas yang terkait dengan penyelesaian masalah tersebut,” ujar Luthfi, Senin (15/3/2021).

Luthfi menegaskan, saat ini sudah tidak ada ruang bagi pihaknya untuk tidak serius, terutama untuk dua hal tersebut. Yang kedua, hal yang tak kalah pentingnya juga, menurut Luthfi, yang menjadi agenda strategis ini, pengelolaan dampak pandemi covid-19.

“Sekarang masyarakat ini banyak yang nganggur, kita ingin memastikan investasi pemerintah dalam APBD 2022, 2023, dan 2024 bisa menciptakan banyak kesempatan kerja, bisa menyelesaikan masalah pengangguran, dan kemiskinan,” ungkapnya.

Menurutnya, semua tahapan proses pengelolaan sampah sudah harus selesai. “Di hilirnya, TPA Kubangdeleg harus beroperasi tahun 2022. Yang kedua, masalah distribusi tata kelola menejemen sampah harus diperbaiki,” ujarnya.

Adapun, yang ketiga adalah infrastruktur untuk distribusi pun harus disiapkan agar menejemen sampah ini bisa terkonsolidasi dengan baik.  Yang terakhir, kata dia, soal sampah selesai di desa, ini harus menjadi gerakan bersama walaupun bukan hal gampang. “Tapi harus kita coba terus tuntaskan PR ini,” pungkas Ketua DPRD Kab Cirebon. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.