Home » Cirebon » Gerbang Cirebon » “Ngapung Bareng”, Gubernur Tekankan Pariwisata dan Umroh

“Ngapung Bareng”, Gubernur Tekankan Pariwisata dan Umroh

MAJALENGKA – Dalam lima tahun ke depan, Jawa Barat akan menjadi provinsi pariwisata, dimana akan dibangun destinasi wisata baru di setiap kota dan kabupaten bersama dengan pusat-pusat budaya Jawa Barat.

“Dengan bangga Provinsi Jawa Barat mendeklarasikan lima tahun ke depan motor ekonomi kami adalah pariwisata. Tahun ini saja hampir setengah triliun rupiah kami belanjakan untuk pengembangan pariwisata di 40 titik se- Jawa Barat. Baru 2019, kebayang lima tahun,” kata Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, pada acara “Ngapung Bareng Ti Kertajati,” di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Rabu (09/01/19)

Selama ini, Emil panggilan Gubernur Jabar, menyebut memang Jawa Barat punya potensi alam yang indah. Hanya aksesnya kurang, belum gencar promosi, sehingga belum dikenal secara luas.

Maka potensi pariwisata di Kawasan Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), harus terus dioptimalisasi. Gubernur mengajak seluruh pihak terkait untuk gencar mempromosikan kawasan Ciayumajakuning ini.

Emil juga menitipkan, agar para kepala daerah di wilayah tersebut dalam waktu dua minggu kedepan, mengadakan rapat bersama para Kepala Dinas Pariwisata agar merancang penyelenggaraan festival yang unik dan mampu “menggaet” kunjungan wisatawan.

Adapun Bandara Internasional Jawa Barat, sebagai komponen akses, telah siap menjadi salah satu pendorong ekonomi baru di Jawa Barat, khusunya wilayah Ciayumajakuning.

Adapun selain wisata, wilayah Jawa Barat juga menjadi sentra umroh di Indonesia yang memiliki potensi luar biasa. Gubernur Emil menyebut, jumlah penumpang umroh dari Jawa Barat bisa mencapai hampir 600 ribu penumpang per tahun.

“Bila BIJB ada anggaran promosi, saya arahkan agar dibelanjakan oleh marketing agar fokus ke dua urusan yaitu umroh dan kepariwisataan,” pesan Emil.

Emil pun mengaku, pihaknya telah sepakat terkait pelaksanaan haji 2019 yang diberangkatkan dari BIJB Kertajati.

“Pilihannya dua, ada asetnya Pemprov yang diberikan ke Kota Cirebon, tapi asetnya nganggur. Kalau itu bisa direnovasi dan dikonversi jadi asrama haji, silakan. Kalau nggak, banyak lahan kosong dalam lima bulan, kita bikin bangunan yang sederhana,” kata Emil.

Pada tahun 2019 sendiri, Bandara Kertajati juga memproyeksikan untuk mulai bisa melayani penerbangan haji sebanyak 39 ribu jemaah asal Jawa Barat yang saat ini masih berangkat dari Bandara Soekarno Hatta.

“Masa depan futuristik Jawa Barat, akan ada di segitiga Patimban, BIJB, dan Kawasan Ciayumajakuning. Kawasan ini, akan menjadi kawasan yang paling canggih pertumbuhannya,” kata Emil.

“Saya akan kawal jangan sampai opportunity ekonominya jangan sampai berantakan,” sambungnya

Sebagai solusi baru kepadatan bandara di Jawa Barat, hingga saat ini BIJB Kertajati beroprasi dengan terminal 1A yang baru terealisasi, baru mampu melayani 2,7 juta penumpang dari kapasitas maksimal 5,6 juta penumpang per tahun.

Akan tetapi melihat potensi pasar dengan jangkauan daerah sekitar Ciayumajakuning, angka pelayanan dapat mencapai 17 juta jiwa per tahun telebih dengan dukungan konektivitas jalan tol Cisumdawu.

Adapun rute eksisting sekarang terdapat 14 rute penerbangan baik domestik maupun internasional dengan pelayanan dari 4 meskapai penerbangan. Kedepan, akan dibuka rute favorit baru pada tgl 11 Januari 2019 dengan rute Jakarta (Halim Perdana Kusuma), Yogyakarta, Balikpapan dan Bali. Sehingga kedepan Bandara Internasional Jawa Barat ini akan membuka konektivitas kota- kota seluruh Indonesia dan dunia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, BIJB Kertajati, Ciayumajakuning dan Patimban, adalah potensial. Dengan fasilitas yang masif itu, opportunity bisnis Jawa Barat dapat bergerak bebas.

“Sekarang kita bisa mengundang investor. Patimban ukurannya sama besar dengan Tanjung Priok. Patimban dan kertajati akan berhubungan, sehingga Ciayumajakuning akan jadi “new city development” yang punya karakter industri, dan tourusm sekakigus,” katanya.

Menhub mengaku pihaknya berkomitmen melakukan kegiatan sistematis memajukan kawasan ini. Khusunya tourism dan bisnis, Kertajati jadi bandara kedua terlengkap setelah Soekarno- Hatta. Menhub juga mendukung keberangkatan umroh maupun haji dari Kertajati.

“Saya mengapresiasi maskapai yang sudah berinisiasi melajukan penerbangan di Kertajati,” kata Budi.

Kepada Milenials, Menhub mengajak untuk melakukan kampanye soal Patimban, Kertajati, dan destinasi wisata yang membanggakan di kawasan Ciayumajakuning.

“Setiap kota punya kekuatan sendiri- sendiri, ada fashionnya, kulinernya. Silahkan kampanyekan,” ujar Budi. (rls/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*