Home » Cirebon » Nelayan Cirebon Antusias Ikut Asuransi Gratis

Nelayan Cirebon Antusias Ikut Asuransi Gratis

CIREBON – Cirebon Power atau PTLU Cirebon memberikan Asuransi Kecelakaan Diri (AKD) ribuan nelayan di sekitar pesisir Cirebon. AKD menjamin santunan bagi para nelayan bila mendapatkan musibah atau kecelakaan.

AKD berasal dari Cirebon Power atau PLTU Cirebon kerja sama dengan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Pol Airud) Polda Jawa Barat. AKD kali ini merupakan Program Asuransi Gratis bagi nelayan yang keenam kalinya.
Penyerahan asuransi secara simbolis dilakukan Direktur Cirebon Power Teguh Haryono kepada Kepala Polda Jawa Barat, Irjen (Pol) Agung Budi Maryoto. Setelah itu, secara simbolis kepada 10 orang perwakilan nelayan dari 10 desa.
Tahun ini, nelayan dapat AKD sebanyak 3.000 orang. Dari awal hingga sekarang program ini telah dirasakan manfaatnya oleh 15.000 nelayan. Nelayan terkena musibah akan menerima santunan Rp 10 juta bila meninggal dunia, dan Rp 1 juta atau Rp5 juta yang derita cidera.

Direktur Cirebon Power Teguh Haryono mengatakan, berkomitmen untuk terlibat program perlindungan nelayan. mengajak pihak lainnya untuk ikut berpartisipasi agar dampak program asuransi nelayan semakin luas. “Asuransi ini salah satu program kami untuk nelayan. Kami juga rutin beri bantuan alat tangkap, pendampingan ekonomi, dan juga pemeliharaan lingkungan bersama,” ujar Teguh.

Sementara itu Direktur Polairud Polda Jawa Barat, Kombes Suwarto mengatakan, kecelakaan di perairan pada tahun 2017 cenderung menurun. Sepanjang tahun 2016 terjadi 67 kecelakaan, tapi hingga November 2017 tercatat 40 kecelakaan. Kami berharap angka ini tidak bertambah lagi hingga akhir tahun, untuk itu kami juga rutin menghimbau nelayan untuk tidak memaksakan diri melaut bila cuaca buruk.

Mengenai program asuransi gratis untuk nelayan, lanjut Kombes Suwarto, adalah bentuk kemitraan polri dengan masyarakat untuk membantu bila nelayan tertimpa musibah. Misnen, satu dari 35 nelayan dari Desa Kanci Kulon mengaku antusias mendaftarkan diri untuk mendapat asuransi gratis ini. “Dulu kita selalu was-was kalau tertimpa musibah, sekarang agak tenang,” pungkasnya. (crd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.