Home » Cirebon » Puluhan Warga Ciledug Kulon Antusias Ikuti Program “bjb Mesra”

Puluhan Warga Ciledug Kulon Antusias Ikuti Program “bjb Mesra”

CIREBON – Warga Desa Ciledug Kulon, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, tampak antusias mengikuti tahapan pelatihan dan realisasi Program Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra) dari bank bjb, Kamis (4/4/2019). Program ini berbentuk pinjaman tanpa agunan dan tanpa bunga untuk mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

ANTUSIAS – Warga Ciledug Kulon tampak antusias mengikuti program bjb Mesra.

Pelatihan ditempatkan di Kantor Desa Ciledug Kulon dengan dibina langsung oleh karyawan bank bjb, yang mana sejumlah warga sudah dibentuk menjadi kelompok oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) desa setempat dengan melampirkan perayaratan seperti biodata, KTP, KK, dan Buku Nikah.

Setelah melewati tahapan pelatihan tersebut peserta akan mendapat materi tentang analisa kredit. Pada proses ini, bank bjb akan menyeleksi calon debitur mana yang lolos dan tidak. Bila lolos, kredit kemudian akan diserah-terimakan dan disalurkan lewat kelompok yang bersangkutan.

Nurkholis selaku Kasi Kesra Desa Ciledug Kulon sekaligus Wakil Ketua DKM Desa Ciledug Kulon mengatakan, program bjb Mesra ini merupakan program briliant untuk pemberdayaan jamaah/warga yang belum mempunyai usaha atau ingin menambah modal usaha. “Cari modal kan susah, sedangkan kalau kita ke bank lain belum tentu bisa. Apalagi ini tanpa agunan dan tidak ada bunganya. Pencairan kredit program bjb Mesra ini dari Rp 2 juta sampai Rp 5 juta. Pada tahap pertama ini, kita mengajukan 73 orang tapi yang lolos 46 orang. Mungkin yang tidak lolos ini ada persyaratan yang kurang, atau seperti apa saya kurang tahu persis,” ungkap Nurkholis.

Sementara itu, Kuwu Ciledug Kulon Wawan Hermawan, dalam sesi wawancara dengan Tim Jabar Publisher menghimbau kepada warga yang lolos dan mendapatkan modal usaha, diharapkan bisa memanfaatkan kesempatan emas ini. “Harapan saya, warga bisa memanfaatkan kepercayaan yang diberikan oleh Pemprov bersama bank bjb ini. Jadi tolong disikapi kesempatan ini dengan baik, dengan amanah dan jangan sampai ada kegagalan. Sehingga nanti bila gelombang pertama ini berhasil, bisa menyusul lagi pengajuan berikutnya di gelombang kedua dan seterusnya,” tandas Wawan.

Sebelumnya, Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi menyampaikan, Pemprov Jabar dan Pemkab Cirebon memiliki komitmen untuk membangun masyarakat melalui peningkatan ekonomi. Komitmen tersebut, diantaranya dituangkan dalam program bjb Mesra dalam rangka pembangunan UMKM berbasis rumah ibadah.

SERAHKAN – Pj Bupati Cirebon Dicky Saromi saat meyerahkan kredit BJB Mesra kepada warga Desa Matangaji beberapa waktu lalu.

“Program bjb Mesra merupakan program yang dilatarbelakangi oleh fenomena sosial di masyarakat, khususnya daerah yang minim akan akses pembiayaan, sehingga terjerat dengan pinjam informal dengan bunga yang sangat tinggi. Adanya program BJB Mesra ini, diharapkan dapat menjadi stimulan bagi para pelaku usaha micro, UMKM, untuk dapat mengakses perbankan serta tumbuh dan berkembang, memiliki usaha produktif, mengurangi ketergantungan pada pinjam informal dan pada akhirnya dapat meningkatkan mensejaterakan masyarakat,” ulas Dicky. (adi/jay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.