Home » Cirebon » Sudarto, Bacaleg PDIP Dapil 5 Kab Cirebon, Siap Kawal Aspirasi Masyarakat dari Jalanan ke Gedung Dewan

Sudarto, Bacaleg PDIP Dapil 5 Kab Cirebon, Siap Kawal Aspirasi Masyarakat dari Jalanan ke Gedung Dewan

CIREBON – Berangkat dari sebuah keprihatinan tentang kondisi Kabupaten Cirebon yang dirundung banyak masalah, seperti infrastruktur, sosial, ekonomi, pendidikan, dan lainnya, putra daerah asli Cirebon Timur bernama Sudarto membulatkan tekad untuk maju menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) pada perhelatan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Saat ini, Sudarto yang kiprahnya dikenal sebagai Ketua Umum LSM KOMPAK juga menyandang status sebagai Bacaleg dari PDI-P di Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Pangenan, Gebang, Babakan, Losari dan Pabedilan.  

DISKUSI – Pemimpin Redaksi (Pemred) JP Hasan Jay, saat berdiskusi dengan Bacaleg PDIP Sudarto yang juga Ketua Umum LSM KOMPAK Cirebon, Minggu 6 Agustus 2023.

Diwawancarai langsung Tim JP di Padepokan miliknya, di Desa Astanamukti, Kec Pangenan, Kab Cirebon, Kang Darto begitu dia akrab disapa menjelaskan bahwa niatan maju sebagai wakil rakyat dilatar belakangi rasa ingin memperjuangkan aspirasi masyarakat hingga tuntas dari jalanan ke gedung dewan. 

“Niatan itu muncul di tahun-tahun kemarin, setelah kami banyak bergaul dengan kalangan politisi seperti Anggota DPRD, Pimpinan DPRD, Bupati dan lainnya. Selama ini kita sering menyampaikan aspirasi masyarakat, dan memang diterima dengan baik. Tapi tindak lanjutnya kita tidak tahu dan jarang sekali tembus. Jadi saya berfikir aspirasi ini bisa saya perjuangkan sampai tuntas kalau saya duduk di dalamnya, sebagai anggota dewan,” ungkapnya, Minggu 6 Agustus 2023.  

Selama ini Sudarto dan jajaran KOMPAK kerapkali memperjuangkan aspirasi masyarakat secara langsung. Misal ketika ingin mengkritisi kinerja DPRD maka Ia dan jajarannya menggelar aksi demonstrasi di Kantor DPRD. Ketika ada pabrik atau perusahaan yang nakal, Ia akan langsung mendatangi perusahaan tersebut untuk melakukan audiensi hingga aksi. Tujuannya agar terjadi perubahan ke arah yang lebih baik. Hal itu sudah dilakukan sejak lama hingga eksistensi LSM KOMPAK begitu menancap di hati masyarakat.

Jika jadi nanti, Kang Darto juga bertekad merubah paradigma pengurusan perizinan di Kab Cirebon yang dinilainya sulit dan berbelit. Karena fakta di lapangan, kata dia, perusahaan-perusahaan yang ada saat ini, tidak semuanya memiliki legalitas formal namun bisa berdiri dan beroperasi. Di lain sisi ada juga yang sudah lengkap dan menempuh prosedur, tapi tak kunjung bisa beroperasi akibat terganjal masalah perizinan.  

“Hal ini yang ingin saya gali lebih dalam. Sebenarnya kendalanya di mana? Kalau pun harus dari pemerintah pusat persetujuannya, aplikasi di daerahnya bagaimana? Sebagai contoh pengembangan Kawasan Industri Cirebon (KIC) yang hingga kini tak ada tindak lanjut. Tapi di sisi lain semakin banyak pabrik-pabrik di Pabedilan yang sudah berdiri dengan menggerus lahan-lahan produktif. Insya Allah ke depan hal ini akan kita benahi,” tandasnya.

Adapun bidang lainnya seperti pembangunan dan infrastruktur tetap Ia prioritaskan karena memang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kang Darto juga seringkali ‘ngamuk’ ketika mendapati jalan rusak, terlebih sampai menelan korban. Ngamuk dalam artian agar jalan rusak tersebut segera diperbaiki oleh dinas terkait dan tidak menimbulkan kecelakaan lagi. 

“Untuk pembangunan Kab Cirebon secara menyeluruh, jelas akan kami kawal dan perjuangkan. Yang pasti saat ini saya belum bisa bercerita banyak kang, karena memang belum ada di dalamnya,” ulas ayah dari tiga anak ini.  

Berbicara kans suara pada Pileg tahun depan, pria kelahiran 25 Agustus 1985 ini menargetkan sebanyak 10 ribu suara. Ia begitu optimis meraih suara yang besar plus kemenangan mutlak karena selain memiliki jaringan organisasi KOMPAK yang solid hingga ke tingkat ranting, Ia juga disupport rekan-rekannya dari FORKOPIMMAS (Forum Komunikasi Pimpinan Ormas) yang juga memiliki basis massa tersendiri.  

“Saat ini yang sudah berjalan intens di Kecamatan Pangenan, disusul kecamatan-kecamatan lainnya di Dapil 5 yang sudah terbentuk,” imbuhnya. Ia pun tidak memandang lawan politiknya sebagai saingan, melainkan sebagai mitra yang pastinya juga memiliki keinginan menjadikan Cirebon lebih baik. 

Sementara itu, kendati sedang sibuk prepare nyalon dewan, kiprahnya di LSM KOMPAK untuk masyarakat tidak lantas Ia tinggalkan. Organisasi yang dipimpinnya itu, sudah memiliki jajaran struktural yang cukup lengkap. Bahkan ketika nanti duduk sebagai anggota dewan, Ia yakin LSM KOMPAK akan tetap eksis dan tetap dalam komandonya.  

“Insya Allah, masyarakat yang butuh pendampingan hukum tetap kita layani, karena kita punya bidang hukum dan bidang-bidang lainnya. Jadi kaitan pencalonan dewan ini sebetulnya tidak ngaruh kang, kita tetap bisa melayani dan menyerap aspirasi masyarakat. Untuk itu, saya memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar ke depan bisa lebih banyak menebar manfaat untuk masyarakat,” pungkas Kang Darto di akhir wawancara. (jay/crd/adi)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*