Home » Bandung » Gerbang Bandung » Wow, Air PDAM Tirta Raharja “Istimewa” untuk Ultrajaya

Wow, Air PDAM Tirta Raharja “Istimewa” untuk Ultrajaya

CIMAHI – Koperasi Keluarga Besar (KKB) PDAM Tirta Raharja adalah pelanggan resmi PDAM Tirta Raharja Bandung dengan nomor pelanggan 017717 dan 017718.

Pengurus KKB mengakui bahwa pihaknya telah melakukan aktivitas usaha kerja sama melayani pengiriman air bersih yang bersumber dari PDAM Tirta Raharja via mobil tanki ke PT Ultrajaya Milk Industri di Jl. Raya Gadobangkong sejak September 2011.

Pengiriman air bersih ke PT Ultrajaya Milk Industri untuk menambah kebutuhan air atas kekurangan pasokan air bersih dari sumber-sumber yang dimiliki oleh PT Ultrajaya. “Jumlah armada air yang dikirimkan setiap harinya bersifat fluktuatif disesuaikan dengan kebutuhan mereka, “kata Ketua KKB Tirta Raharja Drs. A. Teddy Setiabudi, M.T, melalui suratnya yang diterima jabarpublisher.com baru-baru ini.

Tampaknya, PDAM Tirta Raharja melalui KKB benar-benar mengistimewakan perusahaan yang berdomisili di Gadobangkong Kabupaten Bandung Barat tersebut. “Yang patut digarisbawahi, sesuai pengakuan pengurus KKB adalah kalimat “… disesuaikan dengan kebutuhan mereka”. PDAM Tirta Raharja melalui Koperasi Kelurga Besar PDAM Tirta Raharja dinilai cenderung mengutamakan penjualan tanki air bersih ke perusahaan-perusahaan, “kata sumber.

Penilaian itu juga dilontarkan salah seorang pegiat Lembaga Perlindungan Konsumen di Kabupaten Bandung Barat. Kepada jabarpublisher.com, pegiat perlindungan konsumen, Imam Nur M. mengatakan, melalui KKB Tirta Raharja, PDAM Tirta Raharja diduga lebih mengistimewakan penjualan air bersih via mobil tanki kepada perusahaan-perusahaan dari pada pelanggan lainnya.

“Pelanggan rumah tangga sering mengeluh karena terkadang air tidak masuk ke rumah atau air terkadang kotor. Bandingkan air bersih via tanki cenderung senantiasa bersih dan disesuaikan dengan kebutuhan PT Ultrajaya, ‘papar Imam, Sabtu, (11/8/2018) malam di Bandung Barat.

Sementara itu, pihak KKB mengaku bahwa salah satu kegiatan usaha yang dijalankan oleh KKB Tirta Raharja berdasarkan aspek legalitas pembentukan KKB adalah melakukan pendistribusian air bersih melalui armada tanki, yang dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pengusaha transportir air. Kegiatan pendistribusian air melalui tanki ditujukan untuk melayani permintaan masyarakat yang membutuhkan air minum yang terdampak kekeringan, banjir, tidak terlewati pipa-pipa PDAM, serta banyak kran umum sosial (PDP SEAB).

Ketua KKB beralasan, penjualan air ke perusahaan seperti Ultrajaya merupakan cross subsidi dari operasional sosial.
Di sisi lain, meski berdomisili di Kota Cimahi tepatnya di Jl. Kol. Masturi KM 3, KKB PDAM Tirta Raharja ini berada di bawah pengawasan dan pembinaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung.

“Dalam kegiatan Rapat Akhir Tahunan 2017, dilaksanakan pada tahun 2018 dan dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bandung c.q Bidang Pengawasan dan Pembinaan Koperasi, “kata Ketua Teddy. (des)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.